Ini Jumlah Warga Lany Jaya Terinfeksi HIV dan AIDS

Ini Jumlah Warga Lany Jaya Terinfeksi HIV dan AIDS
Ilustrasi

WAMENA | Data pemerintah Kabupaten Lanny Jaya, Provinsi Papua dan KPA setempat menyebutkan jumlah penderita HIV/AIDS di sana sebanyak 570-an, namun sekitar 400 orang diantaranya tidak rutin melapor dan membawa obat ARV.

Sekretaris Daerah Lanny Jaya Christian Sohilait saat di Lanny Jaya, Selasa, mengatakan 400-an warga itu tersebar di berbagai distrik berbeda.

"Angka penderita HIV-AIDS di Lanny Jaya hingga saat ini sebanyak 570-an. Dari jumlah ini yang aktif melapor dan ambil obat tidak lebih dari 200-an. Yang lain tersebar di mana-mana sehingga kita anggap sebagai 'lost fallow up'," katanya.

Untuk memastikan status atau keberadaan orang dengan AIDS (ODHA) yang tidak rutin melapor dan mendapatkan obat, pemkab berencana memanggil kepala-kepala kampung di Lanny Jaya.

Sebelum memanggil kepala-kepala kampung, Pemkab dan KPA mulai memisahkan data ODHA antara penderita yang terdeteksi di bawah 2015 dan yang terdeteksi di atas tahun 2015.

"Kita akan cek data penderita dari tahun 2015 hingga 2018. Kita lihat nama pasien, asal kampung, lalu kita panggil kepala kampung dan tanya apakah penderita masih hidup atau tidak. Jika masih ada, kita bisa tolong," katanya.

Dari pertemuan bersama kepala kampung nanti, pemkab berharap menerima informasi tentang menghambat yang menyebabkan warga ODHA tidak rajin memeriksakan diri dan membawa obat.

"Kalau karena malu datang membawa obat, atau secara fisik pasien ini tidak bisa berdiri atau dia tidak punya transport dari tempat asal ke Tiom, kita bisa ambil langkah, apakah buka pos atau apalah," katanya. (Ant/SP)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan