Telkomsel Pamasuka Pasang Transmisi Satelit Saat Pemilu 2019 di Timika

Minggu, 07 Apr 2019 20:08 WIT
Vice Presiden ICT Network Management Area Pamasuka, Samuel Pasaribu saat menyampaikan arahan pada Media Gathhering Telkomsel Area Pamasuka di Bali. (Foto: Muji/SP(

TIMIKA | Untuk menajmin kelancaran jaringan telekomunikasi pada saat pelaksanaan Pemilu 2019 di Mimika dan sekitarnya, Telkomsel Area Papua, Maluku, Sulawesi, dan Kalimantan (Pamasuka) akan memasang transmisi satelit

“Untuk pelaksanaan Pemilu 2019, kami sudah siap mendukung dalam kelancaran jaringan. Bentuk kesiapannya adalah pada bulan April 2019 ini, kami pasang transmisi satelit sebesar 155 Mbps,” kata Vice Presiden ICT Network Management Area Pamasuka, Samuel Pasaribu di Denpasar, Bali, Jumat (5/4).

Kata dia, transmisi satelit yang dipasang untuk mengantisiasi terputusnya kabel optic yang berada di bawah laut seperti tahun lalu. 

Disaat kabel optik putus, untuk melakukan perbaikan pihaknya harus menerbangkan perangkat dan peralatan dari Jakarta, Bogor dan Makassar.

“Tahun ini kami sudah ‘standby’ dan siap dengan transmisi satelit. Sehingga, kalau kabel laut itu putus tidak akan ganggu jaringan telekomunikasi di Timika, khususnya,"terangnya.

Selain itu, untuk lokasi-lokasi BTS yang mencover KPUD, pihaknya memastikab ‘zero down’ atau tidak ada gangguan. Pihaknya sudah melakukan pengecekan di KPU, Bawaslu, serta TNI-Polri.

“Walaupun tahun ini tidak ada kerjasama dengan KPU maupun Bawaslu, tapi kami upayakan pelayanan telekomunikasi prima saat pelaksanaan Pemilu nanti,” ujarnya.

Dementara untuk wilayah Timika dan daerah sekitarnya yang masih belum mendapatkan layanan 4G atau masih 2G serta beberapa daerah lainnya yang ada di Papua dan Papua Barat, pihaknya sudah menyampaikan kepada tim untuk melakukan sosialisasi kepada KPUD.

“Tujuan dari sosialisasi ini adalah untuk area yang belum terlayani 4G, maka pengiriman datanya, khususnya hasil rekapitulasi dilakukan tidak secara online tetapi manual,”ungkapnya.(mkr/SP)

Kategori:
Bagikan