Dua Anak Papua dari Asmat Lulus Seleksi Fakultas Kedokteran Unpad Bandung

Lima anak Asmat sebelum mengikuti test di Unpad beberapa waktu lalu. (Foto: Dok/Seputarpapua)
Lima anak Asmat sebelum mengikuti test di Unpad beberapa waktu lalu. (Foto: Dok/Seputarpapua)

ASMAT | Dua anak Papua dari Kabupaten Asmat dinyatakan lulus seleksi dan diterima di Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran Bandung (Unpad) pada Rabu (24/8/22).

Kedua anak Papua tersebut adalah tamatan sekolah menengah atas (SMA) di Kota Agats, Kabupaten Asmat, Papua.

“Kedua anak berasal dari Kabupaten Asmat ini mereka telah lulus dan tengah mengikuti proses perkuliahan di Kampus Universitas Padjajaran Bandung,” ucap Kabag Kesra Setda Asmat, Aloysius Pasauran saat dihubungi melalui via seluler, Rabu petang.

Kabag Kesra mengakui, sebelumnya ada lima anak Papua berasal dari Kabupaten Asmat direkomendasikan ikut serta dalam mengikuti tahapan ujian seleksi beberapa hari yang lalu di Unpad.

“Namun, yang diterima dan lulus sebanyak dua orang,”ujarnya.

Kabag Kesra Aloysius menyampaikan, Universitas Padjajaran Bandung adalah salah satu dari kampus yang bekerjasama atau MoU dengan Pemda Asmat.

Kata dia, kerjasama dengan Kampus Unpad tersebut didukung penuh oleh Bupati Asmat Elisa Kambu dan Wabup Asmat Thomas E. Safanpo.

Hal ini, karena bagian dari program bidang pendidikan untuk peningkatan SDM untuk Orang Asli Papua (OAP) yang berasal dari Tanah Asmat.

“Maka itu pemerintah sangat berupaya mendorong generasi muda Papua berasal dari Asmat agar meraih pendidikan hingga perguruan tinggi,”ucap Kabag Kesra Aloysius.

Diakui Kabag Kesra, kepemimpinan Bupati dan Wabup Asmat dari periode pertama hingga periode kedua yang sedang berjalan
masih konsisten dan menggerakan SDM generasi muda yang lebih baik melalui pendidikan.

Atas dukungan yang baik ini, khususnya kepada kedua anak yang menempuh pendidikan di Fakultas Kedokteran Unpad dapat menyelesaikan studi hingga akhir.

reporter : Faqi Difinubun

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.