Kepala UPBU soal Peresmian Terminal Bandara oleh Presiden: Belum Ada Jawaban

Penanaman pohon untuk penghijauan di halaman Terminal UPBU Mozes Kilangin Timika. (Foto: Anya Fatma/Seputarpapua)
Penanaman pohon untuk penghijauan di halaman Terminal UPBU Mozes Kilangin Timika. (Foto: Anya Fatma/Seputarpapua)

TIMIKA | Rencana peresmian Terminal UPBU Bandara Mozes Kilangin oleh Presiden RI Joko Widodo, hingga kini belum bisa dipastikan.

Hal tersebut disampaikan Kepala UPBU Mozes Kilangin Timika, Soekarjo. Ia mengatakan, memang ada rencana peresmian terminal oleh Presiden, dan bahkan Menteri Perhubungan RI sudah menyurat ke Sekretriat Kepresidenan untuk meminta kesediaan waktu dari Presiden.

“Sampai hari ini informasi dari pusat itu, belum ada jawaban,” kata Soekarjo di Kantor UPBU Mozes Kilangin, Jumat (17/2/2023).

Soekarjo mengatakan, yang akan diresmikan nanti adalah terminal baru baik yang dibangun menggunakan dana APBN maupun APBD.

Kemudian soal rencana kunjungan Presiden meresmikan terminal, belum ada persiapan khusus yang dilakukan, apalagi saat ini belum mendapat jawaban pasti soal kedatangan Presiden.

“Kalau pun Presiden resmikan, operasional tetap jalan,” katanya.

Soekarjo pun menjelaskan pihaknya kini sedang mengerjakan proyek penghijauan di halaman terminal UPBU, dengan menanam pohon. Proyek ini sesuai dengan program UPBU.

Saat ini terminal yang digunakan untuk beroperasi adalah terminal yang dibangun menggunakan APBN, sedangkan terminal yang dibangun menggunakan APBD kini sedang pengerjaan tahap akhir atau finishing.

Disinggung mengenai hibah terminal dari Pemkab Mimika ke Kemenhub, kata dia, hal itu akan dibahas langsung oleh Pemkab Mimika dengan Kemenhub RI.

Tetapi, sebelum dihibahkan, ada tim yang akan melakukan verifikasi untuk melihat aset-aset apa saja yang dihibahkan, kemudian baru ada penandatangan NPHD.

“Yang ditandatangani oleh Bupati dan Dirjen perhubungan udara,” pungkasnya.

 

penulis : Anya Fatma

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *