Liga Futsal Nusantara 2023 Bergulir Awal Maret, Ajang Seleksi PON

Daud Arim. (Foto: Vidi/Seputarpapua)
Daud Arim. (Foto: Vidi/Seputarpapua)

JAYAPURA | Liga Futsal Nusantara (Linus) tahun 2023 akan berlangsung pada awal Maret ini, tepatnya di tanggal 4-9 Maret 2023.

Ketua Asosiasi Futsal Indonesia Provinsi Papua, Daud Arim mengatakan jadwal Federasi Futsal ini setiap tahunnya akan menggelar Liga Nusantara 2023.

“Sesuai regulasi dari Federasi Futsal Indonesia (FFI) setiap tahunnya kita tetap melaksanakan Liga Nusantara Futsal dan tahun ini kita melaksanakannya. Dimana Liga Nusantara Futsal itu akan kita laksanakan pada 4-9 Maret 2023 di Kota Jayapura,” kata Daud Arim kepada pers, Selasa (24/1/2023).

Daud mengharapkan ada partisipasi dari tiap kabupaten/kota di Papua, pasalnya Linus 2023 ini juga sebagai ajang perekrutan atlet-atlet futsal PON Papua menuju Pra-Kualifikasi hingga PON Aceh-Sumatera Utara 2024 mendatang.

“Ya kita berharap semua kabupaten/kota bisa mengikutkan timnya di Liga Nusantara itu karena dari liga itu kita bisa jadi ajang seleksi buat PON. Sesuai regulasi pemain kelahiran 2001, tapi kami sudah sampaikan kalau bisa pemain futsal yang tahun 2005, supaya kita bisa lihat dan seleksi pemain-pemain itu,” ujar Mantan pesepakbola Papua ini.

Selain itu, dalam ajang tersebut diharapkan juga ada perwakilan tim futsal dari Papua untuk menjadi tim professional kedepannya.

“Liga Nusantara secara Nasional akan dipertandingkan dibulan Mei dan Juni. Hasil dari Papua, siapa yang juara nanti itu yang akan mewakili dalam 34 besar. Kita berharap di Liga Nusantara ini juga nanti ada tim Papua yang ada di Liga Futsal Profesional perwakilan Papua,” harapnya.

“Selama ini kan belum ada lagi dari Papua, terakhir Mutiara Hitam dan Bifor. Tapi sampai sekarang belum ada tim yang masuk Liga Futsal Profesional. Kita berharap dari Liga Nusantara ini selain untuk seleksi PON, tapi ada juga tim yang mewakili Papua nanti di Liga Futsal Profesional,” tambah Daud Arim.

Sedangkan pada jumlah peserta belum dipastikan berapa banyak. “Kita berharap mungkin setiap kabupaten bisa mengirimkan timnya ikut Liga Nusantara. Mungkin ada klub di Jayapura secara finansial siap, ya bisa ikut supaya kuota itu terisi,” tandasnya.

 

Tanggapi Berita ini
reporter : Vidi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.