Menurun Drastis, Mimika Terima Dana Otsus Hanya Rp31 Miliar Sejak 2019

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Mimika Marthen Malissa (Foto: Kristin Rejang/Seputarpapua)
Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Mimika Marthen Malissa (Foto: Kristin Rejang/Seputarpapua)

TIMIKA | Terhitung sejak tahun 2019 hingga 2021, Kabupaten Mimika, Papua hanya menerima dana otsus sebesar Rp31 miliar setiap tahun.

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Mimika Marthen Malissa menuturkan, angka tersebut mengalami penurunan. Sebelum tahun 2019 Mimika biasa menerima dana Otsus Rp109 miliar.

Marthen mengatakan berkurangnya dana Otsus dari pusat melalui provinsi tersebut karena dialihkan ke urusan bersama.

“Saya tidak tau tapi kan dari provinsi katakan bahwa untuk pengurangan itu masuk dalam pengurusan bersama. Kita juga kan tidak tau urusan bersama itu seperti apa, lebih jelasnya orang provinsi yang lebih mengetahui,” kata Marthen saat ditemui di Timika, Jumat (18/6/2021).

Dijelaskan, Otsus tentunya lebih difokuskan pada kesejahteraan Orang Asli Papua (OAP).

“Kesejahteraan dibidang kesehatan, pendidikan dan ekonomi. Jadi ke beberapa OPD seperti dinas kesehatan, perikanan, pendidikan, peternakan, sosial,” ungkapnya.

Bupati Mimika, Eltinus Omaleng mengatakan sejak awal direncanakan pelaksanaan PON XX Papua, maka dana Otsus ke Mimika dipotong hingga tersisa Rp31 miliar.

“Dari 31 miliar (rupiah) itu pun kita bagi habis di OPD yang kaitannya melayani masyarakat,” katanya saat memberikan sambutan di PPI Poumako, Rabu (29/7/2020).

penulis : Kristin Rejang
editor : Mish

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *