Papua Pegunungan TC Atlet PON di Jayapura, Termasuk Sepakbola dan Futsal

Tim sepakbola putra Papua Pegunungan saat mengikuti babak kualifikasi PON XXI 4 DOB Papua Raya di Kabupaten Mimika, Papua Tengah. (Foto: Saldi/Seputarpapua)
Tim sepakbola putra Papua Pegunungan saat mengikuti babak kualifikasi PON XXI 4 DOB Papua Raya di Kabupaten Mimika, Papua Tengah. (Foto: Saldi/Seputarpapua)

JAYAPURA | Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Papua Pegunungan mengirimkan 13 cabang olahraga perorangan untuk berlaga pada iven Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI tahun 2024 di Aceh-Sumatera Utara, termasuk sepakbola putra-putri dan futsal putra-putri.

Sebanyak 13 cabor itu merupakan andalan Papua Pegunungan yang mendapatkan wildcard atau kekhususan sebagai peserta baru dalam iven olahraga nasional empat tahunan tersebut.

Sekretaris Umum KONI Papua Pegunungan, Timotius Matuan mengatakan 13 cabor itu akan ditempa dalam pemusatan latihan (TC) di Jayapura, Papua maupun di Wamena. Selain 13 cabor itu, futsal putra dan putri maupun sepakbola putra dan putri ikut diboyong, lantaran baru-baru ini telah lolos babak kualifikasi PON XXI untuk daerah otonomi baru (DOB) yang digelar di Kabupaten Mimika, Papua Tengah.

“Jadi pada PON kali ini, kita siapkan 13 cabor karena mendapatkan wildcard langsung sebagai peserta baru DOB. Kita tidak mau hanya berpartisipasi saja, tapi mempersiapkan atlet dengan maksimal agar mendapatkan prestasi gemilang dan itu merupakan target kita Papua Pegunungan,” kata Timotius Matuan yang ditemui di Kota Jayapura, Rabu (31/1/2024).

Menurut dia, dipilihnya mematangkan kesiapan atlet di Jayapura lantaran bisa menggunakan peralatan maupun fasilitas venue eks PON XX tahun 2021, termasuk mempersiapkan segala kebutuhan baik akomodasi, transportasi maupun konsumsi untuk menunjang TC atlet.

“Kita akan lakukan koordinasi dulu dengan Pemerintah Provinsi Papua untuk bisa gunakan fasilitas venue dan peralatan eks PON kemarin. Tapi ada juga atlet yang TC terpusat di Wamena, jadi sementara kita koordinasi dulu dengan pemerintah di sini, sekaligus mempersiapkan kebutuhan apa saja untuk atlet TC di Jayapura,” terangnya.

Matuan menyebutkan cabor-cabor tersebut yakni, Biliar, Panahan, Atletik, Dayung, Tinju, Binaraga, Angkat Besi, Angkat Berat, Karate, Pencak Silat, Tarung Derajat, Catur, Sepatu Roda, Sepakbola maupun Futsal putra dan putri.

penulis : Vidi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *