Pekerja Jalan di Jayapura Temukan Amunisi Mortir Peninggalan PD II

Pekerja Menemukan Amunisi Mortir
Petugas dari Tim Jibom Detasemen Gegana Satbrimobda Polda Papua saat mengamankan amunisi mortir yang ditemukan warga di Kota Jayapura, Papua. (Foto: Humas Polresta Jayapura Kota)

JAYAPURA | Pekerja penggalian jalan menemukan sebuah mortir di Jalan Bukit Tasangkapura, Distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura, Papua, pada Selasa 24 Oktober 2023.

Mortir itu ditemukan oleh operator alat berat saat menggali tanah dalam pengerjaan jalan tersebut.

Menindaklanjuti penemuan mortir itu, Kapolsek Jayapura Selatan AKP Frets Lamahan bersama 4 anggotanya langsung mendatangi tempat kejadian perkara (TKP) setelah mendapat laporan.

Tak hanya itu, Tim Unit Jibom Detasemen Gegana Brimob Polda Papua yang di pimpin Ipda Muhammad Ali Rifa’i juga tiba di TKP.

Kapolsek AKP Frets Lamahan mengatakan bahwa, penemuan mortir tersebut oleh operator alat berat bernama Arman yang saat itu sedang melakukan penggalian tanah di Jalan Bukit Tasangkapura.

“Dari hasil olah TKP ditemukan 1 buah mortir yang terjatuh pada saat melakukan penggalian tanah dengan panjang mortir 51 cm dan berat 19 kg,” terang Kapolsek.

Kapolsek juga mengatakan bahwa amunisi mortir tersebut merupakan sisa atau peninggalan Perang Dunia (PD) ke II. Dan ia meyakini bahwa amunisi mortir tersebut dahulunya ditembakkan namun tidak meledak, sehingga seiring waktu amunisi mortir tertimbun dengan tanah dan baru ditemukan oleh masyarakat.

Kini amunisi mortir itu telah dibawa oleh Tim Jibom ke Mako Satuan Brimob Polda Papua untuk diamankan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *