Pembukaan BK3N 2024 PTFI ‘Keselamatan Kerja Dimulai dari Diri Saya’

Karyawan dari area LIP Lowland saat mengikuti pembukaan Bulan K3 Nasional PTFI 2024 secara daring.Foto: Corcomm PTFI

TIMIKA | Segenap jajaran manajemen dan karyawan di area operasi tambang PT Freeport Indonesia (PTFI) memperingati Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Nasional (BK3N), yang dipusatkan pada area SAG Mill #3 area Pabrik Pengolahan Konsentrat MP 74, Distrik Tembagapura, Mimika, Papua Tengah, Senin (15/1/2024).

Adapun BK3N 2024 mengusung tema ‘Budayakan K3 Sehat dan Selamat dalam Bekerja, Terjaga Keberlangsungan Usaha’.

Upacara pembukaan BK3N 2024 juga dihadiri Kepala Dinas Tenaga Kerja & Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Mimika dan Sekretaris Disnakertrans ESDM Provinsi Papua Tengah.

Kepala Teknik Tambang (KTT) PTFI, Carl Tauran mengatakan peringatan dan pelaksanaan kampanye BK3N di area kerja PTFI bertujuan menyebarkan informasi praktik-praktik positif keselamatan dan kesehatan kerja kepada seluruh karyawan, serta mendorong perilaku aman di tempat kerja.

“Diperlukan kerja sama seluruh karyawan, agar bisa bekerjadengan sehat dan selamat. Sehingga dapat terus berkontribusi untuk perusahaan, stakeholder, dan berdampak langsung kepada masyarakat dan negara,” kata Carl.

Ia juga mengajak seluruh karyawan menerapkan keselamatan dimulai ” dari diri sendiri.dari diri saya” dalam melakukan aktivitas pekerjaan sehari-hari.

“Jika kita tidak menyadari keselamatan dimulai dari diri kita, maka tidak akan pernah mencapai keselamatan untuk kita semua,” ujarnya.

Sementara Kadisnakertrans Kabupaten Mimika Paulus Yanengga turut mengapresiasi sinergitas PTFI bersama Pemerintah selama ini.

“Provinsi Papua Tengah sebagai provinsi DOB baru pertama kali ini bersama-sama dalam pembukaan kegiatan Bulan K3 Nasional. Kehadiran pemerintah berkomitmen terus mendukung perkembangan investasi, kontribusi dan menjaga sinergitas kerja sama dengan para stakeholder di Papua termasuk PTFI,” tuturnya.

Paulus mengapresiasi Freeport Indonesia atas kontribusi yang mengantar Pemprov Papua Tengah menjadi salah satu Daerah Otonomi Baru (DOB) dengan PAD tertinggi ketiga nasional berkat sinergitas bersama PTFI.

Sedangkan, Ketua Panitia BK3N PTFI 2024 Wisnu Hartomo menyampaikan fokus kampanye keselamatan di Bulan K3 Nasional PTFI tahun ini yang akan berlangsung selama dua bulan hingga 9 Maret 2024.

“Kami mengajak seluruh karyawan memberi perhatian khusus terhadap potensi bahaya keselamatan saat karyawan berinteraksi dengan peralatan bergerak di seluruh area PTFI guna menekan potensi bahaya keselamatan,” ujar Wisnu.

BK3N PTFI juga diisi dengan beberapa aktivitas yang bersifat strategis, promotif dan implementatif di area perusahaan. Seperti seminar, lokakarya, pameran, kampanye kesadaran K3, hingga berbagai kompetisi khas BK3N yang akan diikuti oleh seluruh karyawan PTFI.

editor : Iba

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *