Polres Mimika Pulangkan 8 Orang Terkait Demo Tolak Otsus Jilid II

Kasat Reskrim Polres Mimika, AKP Hermanto.
Kasat Reskrim Polres Mimika, AKP Hermanto

TIMIKA | Kepolisian Resor Mimika, Papua akhirnya memulangkan delapan orang warga yang sebelumnya diamankan dalam aksi Demo Damai dari kelompok Front Rakyat Papua terkait penolakan Otsus Jilid II di Timika Indah, pada Rabu (23/9).

Polres Mimika melalui Kepala Satuan Reserse Kriminal (Kasat Reskrim), AKP Hermanto, Kamis (25/9) mengatakan, terdapat delapan orang yang pada hari itu diamankan pihak Kepolisian.

Lima orang warga diantaranya terkait dengan rencana aksi demo damai menolak Otsus Jilid II. Sementara tiga orang lainnya tidak terkait dengan rencana aksi demo tersebut.

Hermanto menjelaskan, lima orang yang diamankan dan masih terkait dengan rencana aksi demo damai menolak kelanjutan otsus adalah, koordinator lapangan (Korlap) Ardi Murib, wakil korlap Peu Yoka Yeimo, dan tiga anggotanya masing-masing Melvin Yogi, Penias Nawipa dan Dorlince Iyowau.

Sementara tiga orang lainnya yang juga sempat diamankan, namun setelah diinterogasi tidak terkait dengan rencana aksi demo adalah, Demianus Magai, Yosua Nawipa, dan Deberius Selegai.

Tiga orang yang tidak terkait, kata Hermanto, dipulangkan lebih awal setelah diinterogasi oleh petugas pada hari yang sama. Sedangkan lima orang terkait rencana aksi demo itu dipulangkan sekitar pukul 5 sore.

IKLAN-TENGAH-berita

“Itu (tiga orang, red) tidak terlibat, namun sempat diamankan. Kita interogasi, tidak ikut-ikutan dalam rencana aksi demo. Kemudian yang kelima ini, kita pulangkan sekitar jam 5 sore hari itu juga,” kata AKP Hermanto.

Hasil interogasi terhadap lima orang yang rencana menggelar aksi demo damai, mereka mengaku bahwa benar mereka akan menggelar aksi demo damai. Bahkan untuk rencana aksi itu, merupakan inisiatif sendiri dan tidak didorong oleh pihak lain.

“Mereka bilang tidak ada, mereka sendiri yang adakan. Tidak ada unsur-unsur dari pihak lain yang menyuruh,” ujar Kasat Reskrim.

Prev1 of 2

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar