Pondok Amor Indah Soft Opening Sport Center Mgr John Philip Saklil Gayabi dan Cafe Amare

Pengguntingan pita sebagai tanda soft opening sport center Mgr Jhon Philip Saklil Gayabi dan Cafe Amare. (Foto: Mujiono/Seputarpapua)
Pengguntingan pita sebagai tanda soft opening sport center Mgr Jhon Philip Saklil Gayabi dan Cafe Amare. (Foto: Mujiono/Seputarpapua)

TIMIKA | Pondok Indah Amor di bawah naungan PT Sumber Karya Makmur Lestari melakukan soft opening Sport Center Mgr Jhon Philip Saklil Gayabi dan Cafe Amare, dengan ditandai pengguntingan pita, Sabtu (25/11/2023).

Pengguntingan pita dilakukan Direktur Utama dan Pendiri PT Sumber Karya Makmur Lestari, Maria Nelly Suryani, Pastor Administrasi Keuskupan Timika Pastor Marthen Kuayo, beserta tamu undangan lainnya, pada Sabtu (25/11/2023).

Melalui soft opening ini, pihak PT Sumber Karya Makmur Lestari yang menaungi Perumahan Pondok Amor Indah juga menyerahkan beberapa aset kepada Keuskupan Timika, yakni sport center dan lahan seluas 1,5 hektare.

Pemberian nama Sport Center Mgr John Philip Saklil Gayabi sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan kepada Almarhum Mgr Jhon Philip Saklil (mantan Uskup Timika) yang telah berkontribusi dalam pembukaan dan pembangunan Perumahan Pondok Amor Indah yang berada di Jalan Poros SP 3 – Kuala Kencana, Mimika, Papua Tengah.

“Soft opening sport center dan cafe ini sebagai bentuk kehormatan kepada Mgr Jhon Philip Saklil Gayabi, karena sudah merintis dan mengupayakan dalam pembangunan Perumahan Pondok Amor Indah,” kata Maria dalam sambutannya.

Kata dia, keberadaan Perumahan Pondok Amor Indah berawal dari pertemuan dengan Almarhum Mgr Jhon Philip Saklil Gayabi pada saat ulang tahun penerbangan Ama yang ke 5 di Jayapura.

Usai pertemuan itu berlanjut komunikasi, dan Almarhum Mgr Jhon meminta agar PT Sumber Karya Makmur Lestari sebagai investor perumahan umum yang layak huni dengan harga terjangkau.

Sementara masalah perizinan, lokasi, dan lainnya ditangani oleh Keuskupan Timika. Namun untuk pembangunan menjadi tanggungjawab developer.

Konsep yang diberikan Almarhum Mgr Jhon adalah menjadikan Timika menjadi kota layak menetap bukan transit bagi siapapun. Dimana nama Perumahan Pondok Indah Amor yang berarti perumahan indah yang ada di tanah Amungme dan Kamoro.

“Kemudian, pada 27 April 2007 Mgr Jhon Philip Saklil Gayabi mengajak saya keliling kota dan menjelaskan persepektif tentang Kota Timika. Dari kunjungan itu dirinya menguatkan hati untuk bersedia membangun perumahan yang bekerjasama dengan keuskupan Timika,” katanya.

Kata dia, sebagai bentuk apresiasi terhadap jasa Mgr Jhon serahkan gedung sport center ini kepada Keuskupan Timika. Ini sesuai kesepakatan awal dari pembicaraan. “Selain sport center ada hibah tanah 1,5 hektar yang sekarang dibangun SMP,” tambahnya.

Sementara Ketua Serikat Pekerja Mandiri Papua (SPMP), Virgo Salossa mengatakan, pihaknya sangat berterimakasih kepada manajemen Perumahan Pondok Amor Indah yang sudah mendukung dalam hal pengadaan hunian.

“Secara organisasi kami mengupayakan hunian bagi pekerja, tentunya yang aman, nyaman, dan harga terjangkau. Hal tersebut disambut pihak perumahan, sehingga ada hunian New Hope,” katanya.

Sedangkan Kepala KCP Bank BTN Timika, Hery Gerald mengatakan, kehadiran Bank BTN tidak terlepas dari dukungan Ibu Maria Nelly Suryani yang sudah memperjuangkan saat menjadi ketua DPD REI Papua. Sehingga tanggal 28 Desember 2022 BTN membuka outlet pertama di Timika.

“Satu tahun kami di Timika banyak hal dan tugas tanggungjawab yang kami lakukan, khususnya jaringan bisnis konsumen. Berkat dukungan semua pihak kami bisa exist di Timika,” ujarnya.

Sedangkan mewakili HR and IR PT Freeport Indonesia, Antonius Kaisepo menyampaikan apresiasi terhadap kemitraan yang sudah terbangun antara PTFI melalui SPMP dengan pihak perumahan dan bank. Melalui kemitraan yang baik, karyawan PTFI bisa mendapatkan hunian yang layak.

“Ini suatu wujud kerukunan dari semua pihak, sehingga ada berkat dan demi mencapai tujuan bersama dengan memainkan peran masing-masing,” katanya.

Sedangkan Pastor Administrasi Keuskupan Timika Pastor Marthen Kuayo mengatakan, pihaknya mengucapkan terimakasih atas berkah yang diberikan kepada Keuskupan Timika. Dimana melalui jasa Mgr Jhon Philip Saklil Gayabi dan ibu Mery Nelly Suryani masyarakat Mimika mendapatkan hunian yang layak. Serta adanya sport center dan tanah diberikan kepada Keuskupan

“Kami ucapakan terimakasih kepada semua pihak dan semoga ini menjadi berkah bagi kita semua,” ujarnya.

penulis : Mujiono
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *