Ramaikan Karnaval, Sekolah Taruna Papua Bawa 77 Bendera Merah Putih, Wushu dan Marching Band

Para siswa dari Sekolah Taruna Papua (SATP) tampil di acara karnaval dalam rangka memeriahkan HUT ke 77 RI di Mimika, Senin (15/8/2022). (Foto: Saldi/Seputarpapua)
Para siswa dari Sekolah Taruna Papua (SATP) tampil di acara karnaval dalam rangka memeriahkan HUT ke 77 RI di Mimika, Senin (15/8/2022). (Foto: Saldi/Seputarpapua)

TIMIKA | Sekolah Asrama Taruna Papua (SATP) dibawah naungan Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amungme dan Kamoro (YPMAK) pengelola dana kemitraan PT Freeport Indonesia ikut meramaikan karnaval berjalan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Mimika, Senin (15/8/2022) pagi dalam rangka memeriahkan HUT ke 77 RI.

SATP adalah sekolah yang menjalankan model pendidikan berpola asrama (boarding school based management). Siswa yang didik adalah anak-anak tujuh suku di Mimika.

Didalam program tersebut, YPMAK hadir dengan komitmen penuh secara terus-menerus mendukung operasional SATP dan menjaga mutu pendidikan bagi seluruh siswa.

Wakil Kurikulum SMP Taruna Papua, Sonianto Kuddi mengatkan siswa yang ikut dalam karnaval berjumlah 400 orang.

“Jadi konsepnya adalah tentang kontekstual Papua jadi kita dibawah ini mengambil kurikulum berbasis kehidupan yang kontekstual Papua. Sehingga kita merayakan kemerdekaan RI berdasarkan ciri khas dari Papua,” jelasnya di sela-sela acara Karnaval.

Ia mengatakan mereka ikut meramaikan karnaval untuk menyambut HUT ke 77 RI dengan melibatkan siswa yang bermain marching band, memeragakan berbagai gerakan wushu, memakai berbagai pakaian adat. Yang menjadi spesial adalah sebanyak 77 siswa membawa bendera sebabyak 77 sesuai dengan usia peringatan HUT ke 77 RI.

“Kami bawa marching band, wushu dan lainnya, kemudian juga tim bendera sebanyak 77 bendera. Jadi kita membawa semangat kemerdekaan dengan harapan sifat nasionalisme dari anak-anak bisa terus meningkat,” ungkapnya.

 

Tanggapi Berita ini
reporter : Kristin Rejang

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.