Ramses Ohee, Tokoh Papua Sekaligus Pelaku Sejarah Pepera 1969 Tutup Usia

Ramses Ohee. (Foto: Ist/ Liza Kabar Papua)
Ramses Ohee. (Foto: Ist/ Liza Kabar Papua)

TIMIKA | Seorang Tokoh Papua yang juga pelaku sejarah peristiwa Penentuan Pendapat Rakyat (Pepera) pada tahun 1969, Ramses Ohee, tutup usia di RS Dian Harapan, Senin (30/5/2022).

Meninggalnya Ramses Ohee yang juga sebagai Ketua Barisan Merah Putih Provinsi Papua, disampaikan Kodam XVII/Cenderawasih lantaran menderita sakit.

“Almarhum Bapak Ramses Ohee, sekaligus sebagai Ketua Barisan Merah Putih Provinsi Papua, meninggal dunia di RS Dian Harapan karena sakit, membuat keluarga besar Kodam XVII/Cenderawasih berdukacita dan berbelasungkawa,” demikian disampaikan Kapendam XVII/Cenderawasih, Letkol Kav Herman Taryaman dalam keterangannya.

Almarhum Ramses Ohee, kata Kapendam, merupakan saksi hidup perjuangan masyarakat Papua dan Papua Barat untuk tetap bergabung kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan aktif dalam perjuangan melalui Barisan Merah Putih.

Selayaknya Almarhum Ramses Ohee, lanjut Kapendam, mendapatkan penghormatan atas jasa-jasanya, terlebih lagi Almarhum sebagai Tokoh Adat, sebagai Ondoafi Waena.

“Oleh karenanya, dimasa hidupnya saat Bapak Ramses Ohee sedang sakit, Kodam XVII/Cenderawasih memberikan bentuk perhatian dengan memberikan perawatan di RS Marthen Indey Jayapura bulan Februari silam,” kata Kapendam.

Almarhum juga dianggap merupakan sosok yang dikagumi dan menjadi teladan masyarakat Papua. Sehingga, kata Kapendam, layak mendapatkan penghormatan dan penghargaan dari masyarakat dan Pemerintah serta semua pihak.

“Bapak Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Teguh Muji Angkasa beserta seluruh Prajurit Kodam XVII/Cenderawasih turut berduka atas wafatnya Almarhum Bapak Ramses Ohee,” ucap Kapendam.

reporter : Saldi
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.