TNI Duduki Markas Manfred Fatem di Maybrat

TNI Duduki Markas Manfred Fatem di Maybrat
TNI saat melakukan interogasi terhadap salah seorang dari dua orang yang ditangkap, karena diduga simpatisan KSTP. (Foto: Kapen Kogabwilhan Wilayah III)

TIMIKA | TNI mengklaim berhasil menduduki salah satu markas milik Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) biasa menyebut diri mereka Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) – Organisasi Papua Merdeka (OPM) Maybrat, Papua Barat Daya.

Dansatgas Yonif 133/Yudha Sakti Letkol Inf Andhika Ganessakti mengatakan, markas yang diduduki aparat keamanan merupakan markas KKB pimpinan Manfred Fatem di Dusun Sagu-Aifat Timur Jauh, Maybrat, Papua Barat Daya.

Penguasaan markas tersebut dilakukan pada Kamis 25 Januari 2023 setelah TNI melakukan penyergapan ke lokasi tersebut.

“Kejadian bermula dari hasil pengembangan berita informan aparat yang menyebut ada 2 orang simpatisan mengantar logistik ke hutan untuk mendukung gerakan Manfred Fatem. Mendengar informasi itu, dilakukan lah penangkapan oleh Tim Mobile Yonif 133/Yudha untuk mendapatkan informasi lebih detail tentang Markas KSTP pimpinan Manfred Fatem,” kata Letkol Inf Andhika Ganessakti dalam keterangannya, Senin 29 Januari 2024 malam.

Andhika melanjutkan, kedua simpatisan tersebut diamankan di Kampung Aisa, Distrik Aifat Timur Jauh, Maybrat, untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Berdasarkan hasil introgasi dari ke dua simpatisan itu, maka dilakukan rencana penyergapan Markas Manfred Fatem. Sayangnya, dalam penyergapan tersebut, TNI tidak menemukan anggotanya, karena diperkirakan informasi dan gerakan TNI sudah bocor. Aparat kemudian menghancurkan markas tersebut dan menyita sejumlah barang bukti.

Selanjutnya, Kapen Kogabwilhan III Kolonel Czi Gusti Nyoman Suriastawa dalam keterangan tersebut membenarkan terkait Markas di Maybrat telah dikuasai dan dihancurkan TNI.

“Benar, Markas KSTP kodap IV /Sorong Raya di Maybrat pimpinan Manfred Fatem telah dikuasai dan dihancurkan TNI, namun saat penyergapan keburu ditinggalkan, sepertinya informasi bocor dan diketahui KSTP sebelum TNI mendekat ke Markas tersebut,” ujarnya.

Dalam penyergapan TNI mengamankan beberapa barang bukti, yakni Bendera Bintang Kejora, 6 butir Amunisi Kaliber 5,56 mm,1 buah teleskop, termasuk 1 buah Solar Cell, beberapa senter, 2 lembar kartu KIS, 3 buah charger HP, 1 buah lensa kamera, 1 buah HP, beberapa busur berikut anak panahnya, bahan makanan dan beberapa jenis obat-obatan.

“Saat ini masih dilakukan penyisiran terhadap tempat-tempat persembunyian kolompok KSTP pimpinan Manfred Fatem oleh aparat TNI POLRI di Wilayah Maybrat,” tutupnya.

penulis : Fachruddin Aji
editor : Iba

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *