TPNPB Minta Pemerintah Selandia Baru Jadi Mendiator dengan Pemerintah Indonesia Bebaskan Pilot

Jubir TPNPB-OPM, Sebby Sambom
Jubir TPNPB-OPM, Sebby Sambom

TIMIKA | Tentara Pembebasan Nasional Pembebasan Papua Barat (TPNPB) Organisasi Papua Merdeka (OPM) meminta Pemerintah Selandia Baru berkomitmen untuk menjadi mediator antara pihaknya dengan Pemerintah Indonesia, untuk membahas tentang kedaulatan Papua.

Hal tersebut disampaikan Juru Bicara TPNPB-OPM Sebby Sambom dalam keterangan tertulis yang diterima seputarpapua.com pada Rabu (12/4/2023).

Juru bicara TPNPB Sebby Sambom menyebut  TPNPB menunggu keputusan Pemerintah Selandia Baru atas tuntutan mereka untuk menjadi mediator.

Advertisements

“Kami sandera pilot ini dan tunggu keputusan pemerintah Selandia baru atas tuntutan kami yaitu pemerintah Selandia baru menjadi perantara antara TPNPB, PBB dan Indonesia untuk mengembalikan hak kedaulatan bangsa Papua yang pernah ada, namun di aneksasi oleh PBB, Belanda dan direbut Indonesia,” katanya.

TPNPB meminta Pemerintah Selandia Baru jika memang berkomitmen menyelamatkan warga negaranya untuk segera menjawab tuntutan.

Sebby juga membantah pernyataan dari pihak kepolisian yang menyebutkan jika pilot yang disandera mengalami sakit.

“Kapolda Papua Mathius Fakiri yang mengatakan pilot yang bersama Pasukan TPNPB di Ndugama keadaan sakit, kami tegaskan pilot yang bersama kami dalam keadaan sehat -sehat saja saat ini, dan kami jaga dia sebagai sahabat dan bukan sebagai musuh,” terangnya.

Sebby juga menegaskan jika mereka menyandera pilot bukan menuntut uang, senjata, amunisi, rumah makan dan minum.

“Kami menyandera pilot pesawat susi air asal Selandia Baru ini tuntutannya hanya satu yaitu Papua merdeka,” ungkapnya.

“Kami desak kepada Pemerintah Indonesia untuk tidak alergi duduk di meja perundingan Bersama TPNPB dan Bangsa Papua dibawah mediasi pihak ketiga yang netral yaitu PBB yang legal sebagai mediator, dan Pemerintah Selandia Baru juga berjiwa besar untuk mendorong perundingan ini supaya nyawa Pilot bisa diselamatkan,” imbuhnya.

Advertisements
penulis : Fachruddin Aji
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *