Kepengurusan AMSI Papua dan Papua Barat Terbentuk

Kepengurusan AMSI Papua dan Papua Barat Terbentuk

JAYAPURA I Kepengurusan Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Papua dan Papua Barat periode 2017-2020 terbentuk, setelah dilakukan Konferensi Wilayah, pada Selasa (5/12/17) di Grand Abe, Kota Jayapura, Papua.

Konferensi Wilayah ini dipimpin Ketua Sidang Sementara Yohanis Samuel Nussy.

Dalam konfrensi ini, Samsudin Levi selaku pemimpin media online KabarPapua.co terpilih secara aklamasi sebagai Ketua AMSI  Papua dan Papua Barat.

Sedangkan untuk Badan Pengawas dan Pertimbangan Organisasi (BPPO) terpilih sebagai ketua Yulius Lopo (pimpinan umum salam papua) , sekretaris Anwar Maga (kepala biro Antara) dan anggota Antonius Loy (pemilik PapuaSatu.com).

Selain itu, pada Konferensi Wilayah ini juga memilih Anggota Majelis  Etik, yang diketuai oleh Abdul Munib, Betrix Ibo (Pemred TV.Papua.com), Lucky Mahakena, Jerry Omona (Pemred Metro Merauke), dan Duma Sanda (Pemred Cahaya Papua).

Ketua AMSI terpilih, Syamsudin Levi mengucapkan terima kasih kepada seluruh anggota AMSI Papua dan Papua Barat, yang telah memberikan kepercayaan kepada dirinya menjadi ketua.

“Konfrensi ini paling cepat dan paling mantap. Dan terimakasih atas kepercayaan yang telah diberikan kepada saya, untuk menjabat Ketua AMSI Papua dan Papua Barat,” kata Samsudin yang biasa disapa Cunding.

Setelah terbentuknya AMSI Papua dan Papua Barat ini, kata dia, pihaknya akan segera menyusun pengurus untuk menjalankan program kerja yang sudah direncanakan.

Namun langkah awal yang akan dilakukan dalam kepengurusannya ini, mengejar dan mendorong semua media Online di wilayah Papua dan Papua Barat bisa terverifikasi oleh Dewan Pers.

Ini dilakukan, agar perusahaan media online yang dibawah naungan AMSI, tidak anggap sebagai perusahaan abal-abal atau tidak memenuhi undang-undang.

“Target kita agar semua anggota AMSI bisa lolos verifikasi di Dewan Pers. Sehingga barkot yang ada kepada perusahaan pers online lebih dulu daripada teman-teman kita diluar,” katanya.

Selain itu, menurut dia, pihaknya akan mendorong agar semua media Online yang masih berstatus CV dan Yayasan dapat ditingkatkan  menjadi perusahaan PT. (Perseroan Terbatas) agar dapat terverifikasi Dewan Pers.

Advertisements

“Kepengurusan ini kami harus mulai dari nol dan belum ada pengalaman untuk organisasi baru ini. Tapi kami yakin AMSI yang bisa masuk di Dewan Pers,”ungkapnya.

Sementara Korwil AMSI Wilayah Indonesia Timur, Jupriadi Asmaradhana mengatakan, AMSI merupakan salah satu organisasi media pers yang dideklarasikan pada 17 April 2017 dan memiliki anggota di seluruh Indonesia.

Terbentuknya AMSI wilayah Papua dan Papua Barat, menurut dia merupakan yang ke 14 di seluruh Indonesia, dan ini merupakan sejarah.

Advertisements

“Saat ini AMSI sudah terbentuk lima koordinator wilayah (korwil), yakni Korwil Sumatera, Kalimantan, Jawa, Bali, dan Indonesia Timur. Dan dengan terbentuknya AMSI Papua dan Papua Barat bisa jadi kepanjangan tangan dari pengurus pusat,” tuturnya.

Adapun media online yang mengikuti deklaraai dan Konfrensi Wilayah AMSI Papua dan Papua Barat, yakni Tabloidjubi.com, KabarPapua.co, Lingkarpapua.com, Antara.com, seputarpapua.com, Harianpapuanews.com, Papualinknews.com, Salampapua.com, Metromerauke.com, Lintaspapua.com, Cahayapapua.com, TVPapua.com, Kabarportnumbay.com, dan Kabarmeepaga.com.(mjo/SP)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan