Ignatius Hasim: Kader PDIP di Timika Harus Loyal Kepada Partai

Minggu, 03 Nov 2019 18:51 WIT
Kader PDI Perjuangan foto bersama usai penyerahan SK. (Foto: Anya Fatma/SP)

TIMIKA | Kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Mimika diharapkan bisa menunjukkan loyalitasnya kepada partai.

Hal ini disampaikan Wakil Ketua Bidang Organisasi DPD PDIP Papua, Ignatius Hasim dalam acara penyerahan SK Pengurus DPC Mimika di Hotel Grand Tembaga, Sabtu (2/11). Pasalnya, dalam acara tersebut, banyak kader PDIP yang tidak hadir.

"Harus loyal kepada partai. Dengan menyediakan waktu untuk partai itu juga loyalitas, loyal tidak hanya dengan uang," katanya.

Ignatius yang akrab disapa Igo ini juga menyatakan, partai membutuhkan orang yang memiliki kemauan dan prinsip bahwa tidak mengharapkan sesuatu dari partai, tetapi bagaimana setiap kader mampu membuat sesuatu untuk partai.

Dikatakan menjadi anggota DPRD maupun pimpinan daerah merupakan sebagian kecil akibat dari pada terlibat dalam partai.  Masih banyak akibat-akibat lainnya yang lebih besar yang mungkin tidak terpikir oleh para kader.

"Betul rakyat yang pilih, tapi partai yang medorong. Maka naif untuk saya, ketika hal bersifat pribadi yang menghambat untuk hadir dalam kegiatan partai," jelasnya.

Igo mencontohkan loyalitas yang dimiliki salah satu kader PDIP yakni, Jhon Wempi Wetipo yang saat ini menjabat Wakil Menteri PUPR namun masih tetap menjabat Ketua DPD PDIP Papua.

"Wempi Wetipo walaupun sudah diangkat jadi Wamen PUPR beliau masih sempatkan datang ketika ada rapat DPD. Itu bukti loyalitas, datang dari Jakarta ke Jayapura, bahkan bolak balik hanya untuk rapat," tuturnya.

Pada pelaksanaan Kongres di Bali beberapa waktu lalu, telah ditetapkan hari-hari tertentu bagi DPC, DPD maupun DPP untuk melaksanakan rapat. Menurutnya hal tersebut juga bisa mengukur loyalitas kader khususnya pengurus untuk partai.

Dalam penyerahan SK sebagian besar pengurus yang nama-namanya terdaftar justru tidak hadir, ini tentu menjadi perhatian. Igo menyebutkan SK pengurus akan dievaluasi setiap enam bulan sekali, sehingga para pengurus yang dinilai tidak aktif pasti akan digantikan dengan kader-kader yang lebih aktif dalam mengikuti kegiatan partai.

Hal serupa juga disampaikan Ketua DPC PDIP Mimika, Yohanes Felix Helyanan bahwa SK pengurus tersebut akan dievaluasi setelah enam bulan.  Dengan adanya evaluasi tersebut bisa diganti dengan kader-kader yang mau bekerja untuk partai.

 

Reporter: Anya Fatma
Editor: Misba

 

Kategori:
Bagikan