Konsumsi Avtur Meningkat saat Arus Balik Lebaran 2024

Satgas RAFI 2024 melakukan pengawasan bahan bakar pesawat. (Foto: Dok Pertamina)
Satgas RAFI 2024 melakukan pengawasan bahan bakar pesawat. (Foto: Dok Pertamina)

TIMIKA | Konsumsi avtur sebagai bahan bakar pesawat terbang mulai naik pada puncak arus balik Lebaran 2024 yang berlangsung mulai tanggal 14 hingga 16 April 2024.

Area Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Papua-Maluku, Edi Mangun, mengungkapkan selama arus balik Lebaran 2024, permintaan avtur naik sebesar 6 persen dari konsumsi normal. Peningkatan konsumsi terutama terjadi di Bandara Sentani Jayapura, Bandara Sultan Baabullah Ternate dan Bandara Domine Eduard Osok Sorong.

“Untuk wilayah Papua-Maluku sendiri ada peningkatan konsumsi avtur sebesar 6 persen di tiga wilayah yang dipicu oleh frekuensi pesawat terbang, yang menjadi salah satu pilihan pemudik,” kata Edi dalam keterangannya yang diterima media ini, Senin (15/4/2024).

Edi menyebutkan, adanya peningkatan konsumsi avtur merupakan hal lumrah yang sering terjadi di masa arus balik Lebaran. Pertamina terus bersiaga menyediakan stok avtur agar tercukupi dalam memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Karena hari ini arus balik masih terjadi, mengingat tidak lama lagi masyarakat sudah akan kembali beraktivitas setelah cuti bersama Idul Fitri 2024,” katanya.

Melalui tim Satuan Tugas Ramadan & Idulfitri (Satgas RAFI) 2024, Edi memastikan stok dan distribusi avtur dalam kondisi aman dan lancar untuk wilayah Papua dan Maluku.

“Kami siap pastikan stok terjaga dan cukup untuk wilayah Papua-Maluku. Ketahanan stok avtur aman hingga 30 hari kedepan,” katanya.

Tim Satgas RAFI 2024 akan terus bekerja hingga H+15. Karena masih banyak pemudik yang belum kembali ke kota tujuan masing-masing.

Menurut prakiraan Satgas RAFI, gelombang arus balik masih akan terjadi pada akhir pekan ini dan pekan depan, sejalan dengan masa berakhirnya liburan sekolah.

“Satgas RAFI 2024 akan terus bekerja melayani para pemudik baik melalui jalur udara maupun jalur darat, agar semua pemudik bisa menikmati perjalanannya dengan aman dan nyaman,” tuturnya.

Dengan adanya Satgas RAFI 2024, Pertamina berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat dalam memenuhi kebutuhan energi selama masa arus balik Lebaran 2024.

penulis : Fachruddin Aji
editor : Saldi Hermanto

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *