Askab PSSI Mimika Kirim Wasit ke Jakarta Upgrade Lisensi C-2

Peserta pelatihan wasit diselenggarakan Asprov PSSI DKI Jakarta dan diikuti oleh wasit yang dikirim oleh Askab PSSI Mimika. (Foto: Dok Askab PSSI Mimika)
Peserta pelatihan wasit diselenggarakan Asprov PSSI DKI Jakarta dan diikuti oleh wasit yang dikirim oleh Askab PSSI Mimika. (Foto: Dok Askab PSSI Mimika)

TIMIKA, Seputarpapua.com | Asosiasi Kabupaten (Askab) Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Kabupaten Mimika mengirimkan wasit mengikuti pelatihan untuk meng-upgrade lisensi C-2, yang digelar Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI DKI Jakarta.

Pelatihan wasit ini diadakan mulai 8 Juli hingga 13 Juli 2024 di Kompleks Stadion Militer Viyata Jales Yudha Kolat Koarmada I Jakarta Utara.

Wakil Ketua Askab PSSI Mimika Raimondus Kelanangame kepada seputapapua.com menyampaikan, wasit-wasit yang dikirim adalah wasit Mimika. Mereka akan mengikuti pelatihan lisensi C-2 yang diselenggarakan Asprov PSSI DKI Jakarta guna meng-upgrade lisensi dari C-3 ke C-2.

“Ada tiga orang (wasit) yakni Henrikus Jaflean, Frederikus Akimuri, Nico Demus Destyo Mamey dan juga ada Dafid Nusaaly untuk meng-upgrade rules of the game yang terbaru,” kata Raimondus, Senin (8/7/2024) malam.

Menurut Raimond, sapaan akrabnya, selain wasit Mimika ada banyak wasit lainnya yang mengikuti pelatihan tersebut.

“Jadi harapannya, kita sudah mulai membenahi dan mempersiapkan SDM untuk perangkat pertandingan, baik itu wasit dan lainnya, seperti match comm serta pelatihan, dan ada beberapa unsur-unsur dalam sepakbola,” ucapnya.

Kegiatan tersebut tentu bertujuan untuk mempersiapkan SDM perangkat pertandingan di Mimika khususnya, dan Papua Tengah pada umumnya.

“Sehingga ketika Asprov Papua Tengah sudah definitif, maka kita tidak kekurangan SDM dalam menyelenggarakan kompetisi regional di Papua Tengah dan khususnya di Mimika,” ujarnya.

Raimondus berharap kedepannya jika Asprov Papua Tengah sudah terbentuk, otomatis sudah memiliki SDM dan perangkat pertandingan dari Papua Tengah, khususnya Mimika, untuk bisa menggelar berbagai kompetisi baik di liga 4 maupun liga 3.

“Harapan kedepan mereka ini juga bisa jadi wasit yang pimpin di liga 1 dan liga utama lainnya,” pungkasnya.

Askab PSSI Mimika berencana pada bulan Agustus mendatang akan membantu pengembangan SDM dan lisensi pelatih yang ada di Mimika.

penulis : Arifin Lolialang
editor : Saldi Hermanto

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan