Bulan ini Disdik Mimika Tetapkan DNT Siswa SMP

Kepala Seksi SMP Disdik Mimika, Manto Ginting. (Foto: Dok/Seputarpapua)
Kepala Seksi SMP Disdik Mimika, Manto Ginting. (Foto: Dok/Seputarpapua)

TIMIKA | Kepala Seksi SMP Disdik Mimika, Manto Ginting menjelaskan bulan ini Dinas Pendidikan Kabupaten Mimika akan melakukan penetapan Daftar Nominasi Tetap (DNT) untuk peserta ujian sekolah tingkat SMP.

“Penetapan DNT akan dilakukan pada 21 Maret 2022 mendatang, kalau sekarang kan masih menggunakan Daftar Nomimasi Sementara (DNS),” kata Manto, Senin (14/3/2022).

Dijelaskan sekolah-sekolah masih memverifikasi jumlah pasti siswa.

Manto mengatakan penetapan DNT adalah hal yang penting untuk dilakukan sebelum ujian kelulusan.

“Yang ikut ujian kelulusan sekolah hanya anak yang masuk di DNT saja. Sehingga jangan sampai terjadi anaknya tidak ada di DNT. Karena DNT ini kan asalnya dari Dapodik, jadi kami hanya cetak (Dapodik) lalu bagikan ke sekolah untuk mereka verifikasi,” katanya.

Manto juga mengatakan tahun ini, masih pada masa pandemi sehingga tidak ada Ujian Nasional seperti biasanya karena systemnya sudah di hapus. Sehingga kelulusan tergantung oleh sekolah.

“Penilaiannya ada standar dari kita, sesuai dengan kurikulum pandemi yang telah kami tetapkan. Nanti untuk UAS juga kami akan kumpulkan guru-guru untuk menyusun materi dan bagaimana menilai kemudian menjadi standar Kabupaten,” ungkapnya. .

Hal ini, sesuai aturan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan disebutkan kabupaten berhak menentukan sendiri standar kelulusannya.

Manto mengatakan pihaknya akan susun soal bersama dengan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP).

reporter : Kristin Rejang
editor : Mish

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.