Dirjen PTPP ke Mimika, Tanah Pelabuhan dan Runway Bandara Bermasalah

Dirjen PTPP Embun Sari (Kanan) saat berdiskusi dengan Assisten III Setda Mimika Anace Humbore dan beberapa pejabat terkait di Pelabuhan Poumako, Rabu (15/5/2024). Foto: Fachruddin Aji/seputarpapua.com

TIMIKA | Direktur Jenderal (Dirjen) Direktorat Jenderal Pengadaan Tanah dan Pengembangan Pertanahan (PTPP atau Ditjen Pengadaan Tanah) Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (BPN) melakukan kunjungan ke Kabupaten Mimika, Papua Tengah, Rabu (15/5/2024).

Dirjen PTPP BPN Ir. Embun Sari dan rombongan tiba di Mimika Rabu pagi, sebelum selanjutnya mengunjungi Pelabuhan Poumako dan Wisata Hutan Mangrove.

Embun saat ditemui wartawan di sela-sela kegiatan mengungkapkan kunjungan dilakukan karena terkait beberapa pengadaan tanah di Mimika yang sedang diupayakan diselesaikan oleh pihaknya.

“Pertama ada beberapa pengadaan tanah yang sedang coba kita upayakan segera akan selesai,” katanya.

Ia melanjutkan, selain terkait pengadaan, Embun menyebut kunjungannya juga berkaitan dengan permasalahan tanah Mimika.

Meski tidak menjalasankan secara rinci, kata Embun, tanah di Pelabuhan Poumako dan Runway Bandara Mozes Kilangin bermasalah.

“Kemudian ada beberapa permasalahan tanah termasuk di sini (Poumako) dan ada runway bandara,” ungkapnya.

Ditanya berkaitan tentang status tanah di Pelabuhan Poumako, Embun hanya menjawab hal itu sedang dalam upaya penyelesaian.

“Kita lagi upayakan selesaikan ya,” tutupnya.

Menurut rencana, Embun dan rombongan akan berada di Mimika selama empat hari, dan esok ia akan mengisi sosialisasi kegiatan pengadaan tanah tentang Penyelenggaraan Pengadaan Tanah bagi, Pembangunan untuk Kepentingan Umum.

Dalam kunjungannya Dirjen PTPP Embun Sari didampingi oleh Assisten III Sekretariat Daerah Kabupaten Mimika Anace Humbore, Plt Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Mimika, Suharso, Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Mimika Yosep Simon Done.

 

penulis : Fachruddin Aji
editor : Iba

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *