Ketua MRPT Soal Pileg: Siapapun yang Terpilih Mimika Harus Aman

Agustinus Anggaibak, Ketua Majelis Rakyat Papua Tengah. (Foto: Fachruddin Aji/Seputarpapua)
Agustinus Anggaibak, Ketua Majelis Rakyat Papua Tengah. (Foto: Fachruddin Aji/Seputarpapua)

TIMIKA | Ketua Majelis Rakyat Papua Tengah (MRPT) Agustinus Anggaibak mengimbau kepada masyarakat Mimika khususnya para calon legislatif (Caleg) baik orang asli Papua (OAP) maupun non OAP, untuk legowo menerima hasil Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 khususnya Pemilihan Legislatif (Pileg).

Agus pada Selasa, 27 Februari 2024 malam di Hotel Horison Ultima mengatakan, siapapun yang nantinya ditetapkan sebagai anggota legislatif usai penghitungan suara Pemilu 2024, baik dia OAP maupun non OAP, harus diterima oleh seluruh masyarakat.

“Siapapun yang dipilih entah dia OAP atau non OAP, saya sampaikan Mimika harus aman dan masyarakat harus menerima itu. Itulah hasil perjuangan mulai dari kampanye sampai pemilihan, itulah perjuangan,” tegasnya.

Agus pun menyampaikan kepada para caleg yang tidak mendapatkan banyak suara dalam Pemilu 2024, agar legowo dan menerima, serta tidak memaksakan diri.

“Karena (pemilu) diibaratkan seperti pertandingan sepakbola, ada yang menang ada yang kalah. Saya sampaikan kepada seluruh caleg baik kabupaten, provinsi, hingga tingkat RI,” ujarnya.

Menurutnya caleg yang berhasil mendapatkan banyak suara merupakan hasil perjuangan mereka, sehingga tidak boleh ada pandangan jika itu ada campur tangan dari KPU, Pemerintah bahkan MRP.

“Itu hasil perjuangan dia, sehingga dia bisa menang dan kepercayaan masyarakat kepadanya. Maka dari itu saya sampaikan semua caleg menyadari hal itu, kalau suara (caleg) ternyata kurang, yah, harus sadar diri, itu bukan berkat buat kita, dan itu kemenangan yang tertunda,” terangnya.

Ia pun menekankan kepada seluruh OAP harus dan terus bekerja keras, serta tidak hanya menggantungkan diri kepada Otonomi Khusus (Otsus).

“Bukan karena otsus kita nanti semua masuk (legislatif), bukan begitu. Itu pemahaman yang salah. Karena penyampaian MRP ke KPU RI hanya agar hak politik OAP diperhatikan,” tandasnya.

penulis : Fachruddin Aji

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *