KPU Mimika Ikut Peluncuran Tahapan Pemilu 2024

Peluncuran tahapan pemilu 2024 diikuti KPU dan stakeholder di Mimika. (Foto: Anya Fatma/Seputarpapua)
Peluncuran tahapan pemilu 2024 diikuti KPU dan stakeholder di Mimika. (Foto: Anya Fatma/Seputarpapua)

TIMIKA | Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia secara resmi meluncurkan tahapan pemilu tahun 2024, Selasa (14/6/2022).

Peluncuran diikuti perwakilan KPU Kabupaten Kota di seluruh Indonesia yang mengikuti secara online dan juga disiarkan di Channel YouTube KPU RI dari Sekretariat KPU RI di Jakarta.

Tahapan pesta demokrasi ini juga diikuti KPU Mimika bersama perwakilan partai politik, TNI-Polri dan stakeholder lainnya.

Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian mengatakan, dalam beberapa rapat internal kabinet di istana negara, Presiden selalu menegaskan bahwa pemerintah mendukung penuh semua tahapan pemilu dan pilkada yang sudah ditetapkan.

Dan sesuai jadwal yang ditetapkan ialah tahapan dimulai 14 Juni 2022 hingga pemungutan suara dan pilkada serentak pada Februari 2024.

“Presiden perintahkan kepada Mendagri, Menteri Keuangan, Polri TNI dan Pemda untuk dukung penuh pelaksanaan pemilu,” kata Tito saat membaca sambutan Presiden Jokowi.

Presiden juga meminta kepada KPU agar tidak ragu-ragu menyiapkan semua kebutuhan pemilu terutama data pemilih.

“KPU harus bersinergi dengan pemerintah dan membangun kepercayaan publik kepada KPU,” katanya.

Ketua KPU RI Hasyim As’ari mengatakan berdasarkan amanat undang-undang bahwa pemilu dilaksanakan secara reguler setiap lima tahun, sehingga pemilu akan teta dilaksanakan pada Februari 2024.

“Kalau dihitung sampai 14 Februari 2024 tepat 20 bulan sebelum pelaksanaan pemilu dan ini sesuai mandat undang-undang,” kata Hasyim.

Pemilu dan pilkada kata dia ialah arena konflik yang dianggap sah untuk meraih kekuasaan dan mempertahankan kekuasaan.

“Mari kita jalankan dengan landasan bhineka tunggal Ika,” katanya.

Hasim juga mengharapkan dukungan dari pemerinttah, TNI Polri, DPR dan seluruh rakyat Indonesia dalam penyelenggaraan pemilu 2024.

reporter : Anya Fatma

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.