Pengangkatan MRP Papua Tengah Menunggu Keputusan Kemendagri

Pengangkatan MRP Papua Tengah
Plt Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Papua Tengah, Drs. Thepilus Lukas Ayomi. (Foto: Fachruddin Aji/Seputarpapua)

TIMIKA | Proses pengangkatan Anggota Majelis Rakyat Papua (MRP) Provinsi Papua Tengah yang beberapa waktu lalu nama-namanya telah ditentukan melalui seleksi ketat, kini tinggal menunggu keputusan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dalam hal ini Mendagri.

Plt Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Provinsi Papua Tengah, Drs. Thepilus Lukas Ayomi saat ditemui wartawan di Kabupaten Mimika, Papua Tengah, pada Jumat 13 Oktober 2023 mengungkap bahwa, menurut informasi terakhir yang diterima pihaknya, Mendagri masih melakukan rapat ditingkat kementerian dan lembaga.

“Secara administrasi Papua Tengah semua sudah memenuhi syarat, kita tinggal tunggu keputusan Kemendagri,” ungkapnya.

Advertisements

Thepilus pun mengatakan nama-nama calon anggota MRP pun telah dikantongi oleh Kemendagri.

“Menurut aturan kan MRP ada 42 orang, sehingga nama-nama yang disetujui oleh Kemendagri, itu yang akan dilantik. Kalau nama-nama siapa saja, saya tidak hafal,” terangnya.

Kendati demikian, Thepilus menyebut nama-nama yang diusulkan untuk menjadi anggota MRP lebih dari 42, sebab ada yang akan menjadi calon terpilih dan ada yang menunggu.

“Semua itu kita usulkan, dan persetujuan dari Jakarta, karena ada hal-hal lain yang dinilai seperti integritas, ideologi berbangsa dan bernegara, semua dinilai. Hal-hal itu mempengaruhi,” jelasnya.

Ia menambahkan, pengangkatan MRP akan dilakukan setelah adanya keputusan Mendagri dan setelah itu Sekretariat MRP akan jadwalkan pelantikan.

“Selama belum ada keputusan, yah kita menunggu,” katanya.

penulis : Fachruddin Aji
editor : Saldi Hermanto

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *