Pentingnya Statistik Sektoral dalam Pelaksanaan Pemerintahan

Plt Kepala Diskominfo Mimika Albert Tsolme (kiri), Plt Assisten III Mimika Anace Hombore (tengah) dan Kepala Badan Pusat Statistik Mimika Ouceu Satyadipura (kanan) selaku narasumber kegiatan. (Foto: Fachruddin Aji/Seputarpapua)

TIMIKA | Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) menekankan tentang pentingnya penggunaan statistik sektoral dalam pemerintahan.

Itu disampaikan dalam Seminar Buku Statistik Analisis Situasi Pembangunan, Analisis Perkembangan Ekonomi dan Analisis Tingkat Kemahalan Konstruksi tahun 2023 pada Selasa, 12 Desember 2023 di salah satu hotel Jalan Yos Sudarso, Mimika, Papua Tengah.

Kepala Seksi Publikasi Diskominfo Mimika, Ade Wibowo, dalam laporannya mengatakan data statistik sektoral adalah statistik yang pemanfaatannya ditujukan untuk memenuhi kebutuhan instansi tertentu, dalam rangka penyelenggaraan tugas-tugas pemerintahan dan pembangunan yang merupakan tugas pokok instansi yang bersangkutan.

Kegiatan statistik yang digelar tentunya bertujuan untuk menyediakan data yang lengkap, akurat, mutakhir, dalam rangka mendukung Sistem Statistik Nasional (SSN) yang andal, efektif, dan efisien guna mendukung pembangunan nasional.

Plt Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Mimika, Anace Hombore menegaskan, tujuan utama dari seminar ini adalah untuk meningkatkan pemahaman peserta mengenai statistik, dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya data yang terintegrasi dalam sistem pemerintahan digital.

“Perkembangan teknologi digital saat ini sangat memberikan kemudahan bagi siapa saja yang ingin mengakses data, di mana saja dan kapan saja. Berbagai tampilan informasi data yang disajikan tentu dimaksudkan untuk mempercepat akses bagi para pengguna untuk memperoleh data yang diperlukan,” katanya.

Kegiatan seminar statistik, menurut Anace, akan lebih menjamin kualitas data dan informasi dari pemerintah guna mendukung penyelenggaraan satu data Indonesia dengan baik, sehingga terjadi peningkatan kepercayaan masyarakat kepada pemerintah.

“Pemerintah harus mampu menyediakan data dan informasi yang akurat sebagai dasar perencanaan yang terukur dan terintegrasi,” katanya.

Ia berharap ini dapat membantu ketersediaan data dan informasi yang akurat dan terukur, yang akan menghasilkan program data kebijakan yang akurat yang dapat dioperasionalkan secara efisien dan efektif.

Kegiatan ini resmi dibuka oleh Plt Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Mimika Anace Hombore dan Plt Kepala Diskominfo Albert Tsolme.

penulis : Fachruddin Aji

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *