seputarpapua.com

Perlu Dana Rp400 Miliar untuk Warga Timika Nikmati Air Bersih

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
CEK | Salah satu warga di Mimika tengah mengecek instalasi air bersih yang sudah masuk ke rumah-rumah warga. (Foto: Mujiono/Seputarpapua)
CEK | Salah satu warga di Mimika tengah mengecek instalasi air bersih yang sudah masuk ke rumah-rumah warga. (Foto: Mujiono/Seputarpapua)

TIMIKA | Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Mimika, Papua Inosensius Yoga Pribadi mengungkapkan perlu dana hingga Rp400 miliar untuk warga Timika bisa menikmati air bersih.

Yoga mengungkapkan, pada tahun 2014, tenaga konsultan sudah melakukan engineering estimate (EE) untuk air bersih bisa jalan membutuhkan dana sebesar Rp300an miliar.

Hingga kini, dana yang dialokasikan untuk pekerjaan air bersih itu baru Rp80 miliar. Pekerjaannya selalu disesuaikan dengan anggaran yang ada.

“Dengan berjalannya waktu kan harga barang sudah berubah, dievaluasi kembali pasti ada kenaikan lagi bisa mencapai 400-an miliar(rupiah). Karena pasti sudah berubah dengan ongkos kerjanya jadi pasti akan lebih dari pada itu,” katanya saat diwawancara di Kantor Bapenda Mimika, Selasa (20/4/2021).

Untuk tahun 2021 ini, Yoga mengatakan dianggarkan dana sebesar Rp6 miliar untuk pemasangan pipa di wilayah Pasar Sentral.

Dana Rp6 miliar ini pengerjaannya untuk sambungan rumah (SR) yang saat ini sudah mencapai 1.406 SR dari target 6.000 SR.

“Air bersih tahun ini cuma DAK saja sekitar 6 miliar untuk pemasangan pipa di daerah Pasar Sentral,” katanya.

Ia mengatakan, pekerjaan ini selalu mengacu pada Forum OPD yang merupakan usulan distrik. Dan juga tetap mengacu pada visi misi Bupati dan Wakil Bupati Mimika terutama untuk infrastruktur.

“Jadi pengerjaan jalan, jembatan, air bersih itu tetap kita masih ajukan,” tuturnya.

Reporter: Anya Fatma
Editor: Mish
Berita Terkait
Baca Juga