Pesawat Ditembak, Penerbangan Menuju Ilaga Ditutup Sementara

Tampak sejumlah pesawat yang kembali ke Timika (Foto: Ist)
Tampak sejumlah pesawat yang kembali ke Timika (Foto: Ist)

JAYAPURA | Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) kembali mengganggu aktivitas penerbangan dengan melakukan penembakan terhadap pesawat yang akan landing di Bandara Aminggaru, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, pada Jumat (23/2/2024) pagi.

Kapolres Puncak, Kompol I Nyoman Punia, menyatakan insiden penembakan terhadap pesawat itu terjadi sekitar pukul 09.30 WIT dari arah Bukit Ular.

Personel gabungan TNI-Polri merespon penembakan itu dengan melakukan penyisiran di sekitar lokasi, namun diperkirakan kelompok tersebut telah melarikan diri.

“Dari informasi yang kami terima, ada lima kali tembakan yang dilepaskan ke arah pesawat. Namun tidak mengenai pesawat dnn pesawat putar balik ke Timika,” katanya dalam pers realise yang diterima pada Sabtu (24/2/2024).

Pasca insiden tersebut, aktivitas di Bandara Aminggaru dihentikan untuk mencegah terjadinya kejadian yang lebih buruk.

“Pasca penembakan itu, pihak bandara memutuskan untuk menutup aktivitas penerbangan ke Ilaga untuk sementara,” jelasnya.

Untuk mengantisipasi aksi lanjutan dari kelompok bersenjata, personel gabungan TNI-Polri bersiaga di sekitar bandara dan titik-titik rawan di sekitar Distrik Ilaga.

“Kami meningkatkan kegiatan patroli Glgabungan TNI-Polri guna menjaga situasi yang aman dan damai di Kabupaten Puncak. Kami akan terus melakukan upaya maksimal untuk menanggulangi ancaman tersebut dan melindungi keselamatan masyarakat serta fasilitas publik,” tandasnya.

penulis : Firga
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *