Putra-Putri Papua Raih Tujuh Medali di Turnamen Jateng Open Atletik 2024

Tim estafet PAC yang terdiri dari Eqman Yance E. Kafiar, Maurits Rawar, Triyanerapa Ayorbaba, dan Mergina Asyerem sukses meraih medali emas pada ajang Jateng Open 2024. (Foto: Dok Corpcomm PTFI)

TIMIKA, Seputarpapua.com | Atlet dari tim Papua Athletics Center (PAC) berhasil membawa pulang tujuh medali dalam ajang Jateng Open 2024 yang diselenggarakan di Stadion Tri Lomba Juang Semarang, Jawa Tengah, 27 sampai 29 Juni 2024.

Tujuh medali yang diraih yakni dua medali emas, tiga medali perak dan dua medali perunggu.

PT Freeport Indonesia (PTFI) bersama Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) mengapresiasi prestasi yang diraih tim PAC pada kejuaraan Jateng Open 2024 ini.

“Prestasi tim PAC di Jateng Open 2024 merupakan bukti keseriusan para atlet dalam menjalani program pembinaan yang telah dilakukan selama ini. Freeport bersinergi dengan PB PASI berkomitmen untuk memajukan masyarakat Papua melalui olahraga cabang atletik,” kata Direktur & EVP Sustainable Development & Community Relations PTFI, Claus Wamafma.

Sekretaris Umum PB PASI, Tigor Tanjung menyampaikan apresiasi dan rasa bangganya atas prestasi yang diraih atlet-atlet PAC.

“Prestasi ini adalah hasil dari latihan intensif, dedikasi, dan semangat juang yang tinggi dari seluruh tim. Semoga kesuksesan ini dapat menjadi pendorong seluruh anggota PAC untuk terus berkembang dan meraih prestasi lebih gemilang di masa depan,” ujar Tigor.

Kata Tigor, perolehan medali tim PAC di Jateng Open 2024 menjadi bukti nyata pembinaan atlet yang dilakukan secara konsisten, sehingga dapat menghasilkan prestasi yang membanggakan.

“Kami berkomitmen untuk terus mendukung dan memfasilitasi para atlet dari PAC, agar mereka dapat mencapai potensi terbaik mereka di berbagai ajang kompetisi, baik di tingkat nasional maupun internasional,” katanya.

Pada perlombaan hari pertama, tim estafet yang terdiri dari Eqman Yance E. Kafiar, Maurits Rawar, Triyanerapa Ayorbaba, dan Mergina Asyerem sukses meraih medali emas nomor 4×400 meter putra-putri, dengan catatan waktu 3 menit 33,96 detik.

Di nomor lempar cakram putra, atlet asal Merauke, Eventinus Gebzele berhasil menyumbangkan medali perak dengan lemparan sejauh 42,40 meter.

Sementara di nomor 800 meter putri, Jacquennline J.F. Pinontoan menempati peringkat ketujuh dengan catatan waktu 2 menit 46,78 detik.

Hari kedua menjadi hari yang penuh prestasi bagi PAC. Atlet asal Biak Numfor, Mergina Asyerem berhasil meraih emas di nomor 400 meter putri dengan catatan waktu 57,48 detik.

Advertisements

Elizabeth Marta Putri Baminggen asal Nabire menambah perolehan medali dengan meraih perak di nomor tolak peluru putri dengan lemparan sejauh 12,70 meter.

Silfanus Ndiken asal Merauke dan Eventinus Gebze kembali menambah koleksi medali di nomor lempar lembing putra, masing-masing perak dan perunggu dengan lemparan sejauh 63,31 meter dan 62,36 meter.

Sementara Tri Yanerapa Ayorbaba (200m putri), Maurits Rawar (200m putra), Feleria Kaumapokeyau (lempar lembing), dan Fransisko Adrianto Makaminang (1500m putra) juga menunjukkan performa
yang mengesankan di hari kedua meskipun belum berhasil membawa pulang medali.

Advertisements

Pada hari ketiga, tim estafet 4×400 meter putra yang terdiri dari Krisdianto Makringo, Mandala Putra Rumaikewi, Eqman Yance E. Kafiar, dan Maurits Rawar meraih medali perunggu dengan catatan waktu 3 menit 16,59 detik.

Sementara Elizabeth M.P. Baminggen dan Jacquennline J.F. Pinontoan belum berhasil meraih medali di nomor lontar martil dan 800 meter putri.

Papua Athletics Center atau PAC adalah pusat pelatihan atletik yang dikelola oleh PB PASI yang bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengembangkan bakat atlet muda dari Papua.

Advertisements

Dengan dukungan penuh dari PT Freeport, PAC berkomitmen meningkatkan prestasi olahraga atletik di kalangan pemuda Papua, sekaligus memberikan fasilitas dan pelatihan berkualitas tinggi untuk membantu mereka mencapai potensi maksimal di kancah nasional maupun internasional.

Program pelatihan intensif dan dedikasi para atlet PAC diharapkan dapat terus berlanjut, sehingga mampu menghasilkan lebih banyak atlet berprestasi di masa mendatang.

penulis : Anya Fatma
editor : Saldi Hermanto

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan