Sempat Henti Akibat Pandemi, Peringatan Konsekrasi Katedral Tiga Raja Jalin Kekeluargaan

Perwakilan Kaspar Katedral Tiga Raja foto bersama usai mengikuti lomba dalam Open Ceremony HUT ke-12 Konsekrasi Katedral Tiga Raja, Sabtu (30/7/2022). (Foto: Panitia HUT Konsekrasi)
Perwakilan Kaspar Katedral Tiga Raja foto bersama usai mengikuti lomba dalam Open Ceremony HUT ke-12 Konsekrasi Katedral Tiga Raja, Sabtu (30/7/2022). (Foto: Panitia HUT Konsekrasi)

TIMIKA | Umat Katolik akhirnya dapat kembali berkumpul menyongsong HUT ke XII Konsekrasi Gereja Katedral Tiga Raja yang  jatuh pada 7 Oktober 2022 mendatang.

Acara pembukaan menyongsong HUT ini diadakan pada Sabtu, 30 Juli 2022 bertempat di halaman Gereja Katedral Tiga Raja. Kegiatannya didahului dengan aneka lomba yang melibatkan Komunitas Basis (Kombas).

Ketua Panitia HUT XII Konsekrasi Gereja Katedral Tiga Raja, Aris Renyaan menjelaskan, digelarnya lomba-lomba ini sesuai dengan amanah Pastor Paroki Katedral Tiga Raja, RD. Amandus Rahadat.

Dijelaskannya, Pastor Amandus rindu agar umat kembali berkumpul dan menjalin kekeluargaan secara tatap muka usai dibatasi akibat pandemi lalu.

“Terakhir kami adakan lomba-lomba dan kegiatan-kegiatan besar itu tahun 2019. Berhenti karena pandemi. Nah, sekarang Pastor ingin umat berkumpul lagi (tatap muka) dan bersama-sama lagi di gereja,” terang Aris kepada seputarpapua.com, Minggu (31/7/2022).

Kerinduan Pastor ini bukan tanpa alasan. Sebab sejak pandemi melanda dua tahun belakang ini, beberapa aktivitas rutin di Katedral dibatasi bahkan beberapa pun harus ditiadakan.

Beberapa umat juga harus mengikuti ibadah secara daring akibat kuota gereja sesuai protokol kesehatan saat itu.

Di momen ini lah, kata Aris, saatnya bagi umat kembali berkumpul dan melepas rindu antar sesama meskipun kegiatan lomba saat ini tidak sebanyak tahun-tahun sebelumnya.

Terdapat 52 Kombas yang akan berlomba dengan berbagai mata lomba yang digelar panitia. Mereka akan memperebutkan piala bergilir.

Kendati demikian, Aris menegaskan kembali tujuan utama yang merupakan amanah Pastor Amandus.

“Bukan pialanya yang menjadi tujuan Pastor dan umatnya. Kerinduan dan menjalin tali persaudaraan itu yang menurut kami paling utama,” pungkasnya.

 

reporter : Yonri
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.