Tak Ada Ujian Nasional, Siswa SMA – SMK Timika Diharapkan Lulus 100 Persen

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
SISWA | Siswa SMA - SMK di Timika saat ikut acara pembukaan secara simbolis Ujian Sekolah tahun ajaran 2020/2021 (Foto: Kristin Rejang/Seputarpapua)
SISWA | Siswa SMA – SMK di Timika saat ikut acara pembukaan secara simbolis Ujian Sekolah tahun ajaran 2020/2021 (Foto: Kristin Rejang/Seputarpapua)

TIMIKA | Ribuan siswa SMA/SMK se-Mimika, Papua hari ini, Senin (15/3/2021) akan mengikuti Ujian Sekolah (US). Pelaksanaan ujian akan dilaksanakan hingga 19 Maret 2021 mendatang.

Tahun ini ujian sangat berbeda dimana ujian Nasional ditiadakan dan penilaiannya diserahkan langsung ke pihak sekolah. Nilai kelulusan pun ditentukan oleh sekolah dengan standar 60 hingga 80.

Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) John Lemauk dalam acara pembukaan secara simbolis ujian Sekolah yang dipusatkan di SMK Tunas Bangsa, Senin (15/3/2021) menjelaskan SMA di Kabupaten Mimika berjumlah 17 baik SMA Negeri maupun Swasta, sementara SMK sebanyak 24 sekolah.

Untuk jumlah keseluruhan SLTA yang bernaung di wilayah Meepago B yakni Timika, Asmat dan Puncak sebanyak 43 sekolah.

Peserta yang akan mengikuti ujian sekolah tahun 2021 khusus Timika berjumlah 1.356 siswa untuk tingkat SMA dan 1.538 siswa untuk tingkat SMK sehingga total keseluruhan adalah 2.894.

John menjelaskan metode pelaksanaan ujian sekolah adalah melalui daring, luring dan ada yang tatap muka.

“Ujian tahun ini beda dengan tahun sebelumnya yang ada sistim ujian nasional tapi sekarang situasi berubah menjadi ujian sekolah saja dan tidak ada ujian nasional,” ujar John.

Sistim pengawasan terhadap ujian dilakukan secara sistim silang.

“Kami lakukan perhitungan menggunakan rumus yang ditentukan dari Provinsi untuk ditentukan sebagai kelulusan,” serunya.

Berita Terkait
Baca Juga