Ribuan Umat Kristiani Waena Pawai Obor Paskah

Ribuan Umat Kristiani Waena Pawai Obor Paskah
Ilustrasi

 JAYAPURA | Ribuan umat Kristiani dari berbagai Gereja Kristen Injili (GKI) Klasis Sentani, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua, menggelar pawai obor paskah mengenang kebangkitan kematian Yesus Kristus, Minggu (1/4) dini hari.

 

Pantauan di GKI Siloam Waena, Distrik Heram, Abepura, Kota Jayapura yang juga salah satu Klasis Sentani, menggelar pawai obor paskah yang dimulai sejak pukul 03.00 WIT.

 

Pawai obor paskah itu diikuti seribuan lebih warga jemaat GKI Siloam Waena. Rombongan pawai mulai start dari halaman gereja berjalan kaki mengikuti rute yang sudah ditentukan oleh pengurus gereja.

 

“Pawai obor paskah merupakan acara religius jemaat Kristiani yang mengandung makna keimanan pengikut ajaran Yesus Kristus, dilakukan tiap tahun untuk memperingati kebangkitan kematian Yesus Kristus,” kata Robert, salah satu warga jemaat Siloam Waena.

 

Peserta pawai obor terdiri dari anak-anak,remaja/pemuda hingga orang dewasa. Anak-anak sekolah minggu menempati posisi paling depan rombongan pawai obor.

 

Mereka memegang obor ditangan sambil menyanyikan lagu-lagu pujian rohani. Setelah anak-anak, di bagian tengah diikuti oleh para remaja/pemuda di bagian tengah.

 

 Kemudian, di bagian belakang rombongan pawai obor paskah diikuti oleh remaja dan orang dewasa. Remaja dan orang dewasa juga memegang obor.

 

Sebagian diantaranya memegang gitar dan tambur ditangan. Mereka berjalan sambil memainkan gitar dan menabuh tambur sambil menyanyikan lagu-lagu pujian rohani.

 

 

Setelah pawai obor paskah, rombongan pawai obor jemaat Siloam Waena kembali ke gereja dan beribadah. Ibadah paskah atau dikenal dengan ibadah fajar paskah kebangkitan kematian Yesus Kristus berlangsung di halaman gereja.

 

Anak-anak sekolah minggu di Gereja Siloam Waena juga berkemah disekitar halaman gereja.

 

Pawai obor paskah juga dilakukan oleh jemaat Eden Kopouw Waena, dan jemaat Getsemani Waena. Rangkaian pawai obor paskah dari beberapa jemaat ini berlangsung sejak pukul 03.00 WIT hingga pukul 05.00 WIT. Selanjutnya dilanjutkan dengan ibadah bersama.

 

Dibeberapa gereja lainnya, anak-anak sekolah minggu berkemah di halaman gereja menyambut fajar paskah.

 

Setelah pawai obor dan ibadah paskah dilanjutkan dengan pencarian telur paskah oleh anak-anak sekolah minggu. (Antara/SP)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *