Toko Bangunan Sumber Mas di Merauke Terbakar

Toko Bangunan Sumber Mas di Merauke Terbakar
Tampak asap keluar dari bangunan Toko Sumber Mas di Merauke, Papua Selatan, Senin (15/4/2024). (Foto: Hendrik Resi/Seputarpapua)

MERAUKE | Sebagian dari bangunan Toko Sumber Mas yang terletak di Jalan Aru Kabupaten Merauke, Provinsi Papua Selatan terbakar, Senin (15/4/2024) sekitar pukul 13.00 WIT.

Toko Sumber Mas merupakan salah satu Home Center Super Market di kota Merauke yang menjual perkakas meubel dan bahan bangunan serta alat kebutuhan rumah tangga lainnya.

Pantauan media ini, bangunan Toko Sumber Mas yang terbakar di bagian depan lantai dua yang menjadi papan nama iklan dan stiker produk dan di dalamnya menyimpan kartun atau dos-dos berbahan seng plat.

Karena cepat ditanggulangi karyawannya dan tim pemadaman, tidak seluruh bangunan toko hangus dilahap api.

Salah seorang saksi mata, Anto, pemilik warung bakso di depan Toko Sumber Mas menuturkan, kebakaran terjadi saat karyawan toko sedang beraktivitas di dalamnya.

Ketika Anto sedang melayani pembelinya di warung bakso, dia melihat asap tebal berwarna hitam mengepul keluar dari dalam bangunan di lantai dua tersebut.

“Kejadian sekitar jam 1 kurang 10 menit. Kelihatan api sedikit, terus naik, naik, naik (membesar) dan asap hitam mengepul. Dinding plat itu kemudian mengkerut dan asap keluar dari dalam. Apinya tidak terlalu kelihatan, cuma asap tebal saja,” tutur Anto kepada media ini di lokasi kejadian.

“Saat orang lagi makan, terus ada yang berteriak, itu ada kebakaran di atas toko itu. Terus ada orang bilang ke kasir dan kasir lihat langsung panggil anak-anak di atas dan disiram-siram,” sambungnya.

Menurut Anto, 20 menit berselang 2 unit mobil pemadam kebakaran (Damkar) milik Pemkab Merauke tiba di lokasi dan melakukan pemadaman. Api baru berhasil dijinakkan oleh tim damkar hingga sekitar pukul 14.15 WIT.

“Untung saja anak-anaknya (karyawannya, red) dan mobil pemadam kebakaran cepat tanggap sehingga tidak terlalu berbahaya dan merambat ke seluruh bangunan,” beber Anto.

Sementara itu General Manager Toko Sumber Mas, Unggul, yang dimintai keterangan oleh media ini terkait insiden kebakaran itu, belum banyak berkomentar. Dia hanya menjawab belum mengetahui pasti tentang itu.

“Yang terbakar apanya belum tahu, saya belum ngecek juga. Cuma begini aja, ini bagian depannya. Kenapa-kenapanya belum tahu. Entah apa, kenapa, kita belum tahu,” ujar Unggul singkat sembari pergi berlalu dari awak media ini.

Hingga berita ini diterbitkan, Tim Inavis Polres Merauke sedang melakukan identifikasi sumber titik api untuk mengungkap penyebab pasti kebakaran. Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran ini dan belum diketahui kerugian yang diderita dan penyebab pasti kebakaran.

penulis : Hendrik Resi
editor : Saldi Hermanto

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *