Aparat Deteksi Dini Pergerakan KKB di Wilayah Mimika Jelang HUT OPM

Aparat Deteksi Dini Pergerakan KKB di Wilayah Mimika Jelang HUT OPM
Kapolres Mimika, AKBP I G G Era Adhinata

TIMIKA | Menjelang peringatan HUT Komite Nasional Papua Barat (KNPB) yang jatuh pada 19 November dan HUT Organisasi Papua Merdeka (OPM) 1 Desember nanti, aparat keamanan TNI-Polri tingkatkan deteksi dini pergerakan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di wilayah Mimika.

Kapolres Mimika, AKBP I G G Era Adhinata mengatakan, menjelang HUT kedua organisasi tersebut, pihaknya mulai meningkatkan deteksi dini untuk memastikan ancaman dari kelompok tersebut.

"Sesuai kebijakan dari Kapolri, maka kami akan melihat pergerakan KNPB di Mimika," kata Kapolres di Diana Shopping Center, Sabtu (16/11).

Selain pendeteksian terhadap pergerakan KKB, pihaknya juga melakukan antisipasi, terutama menjelang 1 Desember ( HUT OPM). 

"Kami berupaya melakukan pendeteksian dan pengamanan terhadap pergerakan yang bisa mengganggu Kamtibmas di Mimika," katanya.

Sementara terhadap keberadaan KKB di Tembagapura yang diindikasikan bisa mengganggu Kamtibmas, Era mengatakan, TNI Polri selalu melakukan pengamatan terhadap gerakan mereka.

Apabila KKB melakukan penembakan, maka pihaknya akan mengambil tindakan hukum.

"Medan dan cuaca di wilayah Tembagapura cukup berat. Tapi kita berupaya melakukan pendeteksian terhadap semua pergerakan KKB yang bisa ganggu Kamtibmas, khususnya di wilayah Tembagapura dan Kota Timika," tuturnya.

 

Reporter: Mujiono
Editor: Misba

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *