Buka Rute Perdana Timika – Sorong, Maskapai TransNusa Tawarkan Tiket Promo

Penumpang berjalan menuju Pesawat Trans Nusa di Bandara Mozes Kilangin Timika (Foto: Anya Fatma/Seputarpapua)

TIMIKA | Sebanyak 58 penumpang ikut dalam penerbangan perdana maskapai Penerbangan TransNusa dari Bandara Mozes Kilangin Timika menuju Bandara DEO Kota Sorong, Kamis (18/1/2024).

Maskapai yang berada dibawah naungan PT TransNusa Aviation Mandiri ini untuk pertama kalinya mendarat di Bandara Mozes Kilangin Timika sebagai awal pembukaan rute baru dari Timika menuju Sorong, Papua Barat.

Wakil Bupati Mimika, John Rettob mewakili pemerintah dan masyarakat Mimika mengapresiasi kehadiran maskapai TransNusa yang melayani penerbangan ke Sorong, Ambon dan Manado.

“Kehadiran TransNusa ini memberikan pilihan untuk masyarakat Mimika yang ingin bepergian ke Sorong, Ambon dan Manado. Tidak ada pilihan lain hanya bisa dengan TransNusa,” ungkap John.

Kepala Otoritas Bandara Wilayah X Merauke, Asep Kosasih Samapta mengatakan, pelayanan penerbangan ini diinisiasi oleh Kantor Otoritas Bandara untuk meningkatkan konektivitas antara daerah-daerah di Papua.

TransNusa diharapkan bisa memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat Mimika.

Ia juga tak lupa mengingatkan agar aspek keamanan dan keselamatan tetap menjadi nomor satu meskipun persaingan antara operator penerbangan sangat kompetitif.

General Manager Operation Trans Nusa, Kapten Hery Tri Perwiranto, mengaku senang dan berbahagia atas pelaksanaan penerbangan perdana dari Timika ke Sorong. Sebelumnya sudah dilakukan penerbangan perdana dari Sorong ke Manado dan Ambon pada 5 April 2024.

“Tujuan kami untuk merajut konektivitas di Papua, dan Indonesia timur lainnya seperti di Maluku dan Sulawesi,” kata Kapten Hery.

Untuk diketahui, pesawat yang dioperasikan TransNusa untuk melayani rute Timika – Sorong ialah pesawat jenis ARJ buatan China dengan kapasitas 95 penumpang yang baru beroperasi satu tahun terakhir.

Penerbangan dari dan ke Timika ini menurutnya, mempunyai potensi yang sangat besar sehingga diharapkan bisa memberikan akses agar transportasi udara lebih lancar.

58 penumpang yang ikut penerbangan perdana ini menurutnya sudah sangat baik okupansinya. “Terisi 70 persen sudah cukup baik. Harganya Timika Sorong itu karena ada promo Rp900.000an,” katanya.

Untuk penerbangan lanjutan dari Sorong ke Ambon, untuk sementara penumpang masih harus transit satu hari, sedangkan untuk Sorong ke Manado penerbangannya langsung. “Tapi kalau dari Ambon ke Timika bisa langsung,” katanya.

Hery menambahkan, kedepannya pihaknya juga akan membuka rute-rute untuk wilayah lain di Papua dan juga menambah satu pesawat lagi.

penulis : Anya Fatma
editor : Felix

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *