Dogiyai Kirim Petani Kopi Belajar di IPB

Dogiyai Kirim Petani Kopi Belajar di IPB
Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Dogiyai Papua Emmanuel Dogomo (kiri) bersama Kepala Pusat Studi Pembangunan Pertanian dan Pedesaan IPB University Sofyan Sjaf pada acara perpisahan di Bogor, Kamis (28/11/2019) malam. (Foto: Antara/Riza Harahap)

BOGOR | Dinas Pertanian Kabupaten Dogiyai, Provinsi Papua, berusaha mengoptimalkan produksi kopi dengan mengirimkan sejumlah petani dan pemudanya ke Bogor untuk mengikuti pelatihan selama sepekan di Pusat Studi Pembangunan Pertanian dan Pedesaan IPB University.

"Di Kabupaten Dogiyai potensinya adalah perkebunan dan kami banyak membuka kebun kopi, karena lahannya berada cukup tinggi," kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Dogiyai Papua, Emmanuel Dogomo, pada acara perpisahan usai pelatihan di Bogor, Kamis (28/11) malam.

Ia berharap 20 orang dari Dogiyai yang menjalani pelatihan di IPB, termasuk 12 orang dari 12 kelompok tani, mendapatkan bekal ilmu untuk meningkatkan produksi kebun kopi dan bisa menularkan ilmu yang didapat ke petani-petani yang lain di kampung halaman.

"Besok kami akan kembali ke Dogiyai. Setelah di kampung halaman, para peserta akan segera menularkan ilmunya kepada teman-temannya sehingga jadi lebih banyak petani di Dogiyai yang mengerti bagaimana menjadi petani kopi yang baik," katanya.

Nonce, petani dari Dogiyai yang mengikuti pelatihan di IPB, berharap bisa kembali lagi ke Bogor agar bisa lebih banyak belajar.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada IPB yang memberikan pelajaran bagaimana cara berkebun yang baik. Pelajaran ini sangat berharga bagi saya," kata Nonce.

Petani Dogiyai lainnya, Felix, juga senang bisa datang ke Bogor untuk belajar cara bertani dan mengelola kebun kopi guna menghasilkan kopi  berkualitas.

 

Sumber: Antara
Editor: Misba

 

Tanggapi Berita ini

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.