Tips Jaga Kesehatan Mata ala dr. Felix Tobing

Ilustrasi
Ilustrasi (Foto: Freepik.com)

TIMIKA | Kepala Klinik Pangan Sari Jakarta, dr. Felix Tobing memberikan beberapa tips menjaga kesehatan mata.

dr. Felix menjelaskan, mata adalah jendela dunia sehingga sangat penting untuk dijaga kesehatannya. Karena meskipun seluruh anggota tubuh berfungsi dengan baik, tetapi jika mata bermasalah atau tidak bisa melihat tentu saja akan terasa kurang.

Tips sederhana yang bisa dilakukan adalah jangan terlalu sering melakukan kontak langsung atau terkena sinar matahari.

“Gunakan kacamata sunglass untuk kurangi sinar matahari yang masuk,“ kata dr. Felix saat diwawancara di Jalan Anggrek, Mimika, Papua Tengah, pada Jumat, 5 Maret 2024.

Kebiasaan orang di masa kini adalah aktif menggunakan telepon genggam, tablet maupun laptop. Terlebih untuk telepon genggam, ini digunakan saat di tempat tidur dalam posisi berbaring.

Menurutnya, ini sangat berpengaruh terhadap kesehatan mata. Karena dalam posisi berbaring, mata akan bekerja maksimal untuk melihat ke layar telepon genggam.

“Kalau kayak begitu dalam waktu tahunan, akan membuat lensa mata ke iris lebih jauh, sehingga harus pake kacamata. Anak-anak usia SD-SMP sudah pake kacamata karena kebiasaan itu,” ungkapnya.

Katanya, untuk membaca buku maupun telepon genggam sebaiknya diberi jarak minimal 30 centi meter dan tidak membaca dalam keadaan gelap.

Tips lainnya yang bisa dilakukan adalah dengan rutin mengonsumsi tomat, wortel dan juga penuhi kebutuhan vitamin A.

penulis : Anya Fatma
editor : Saldi Hermanto

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *