Bawaslu Mamteng Minta ASN dan Kepala Kampung Netral dalam Pilkada 2024

Tampak Bawaslu Kabupaten Mamberamo Tengah menggelar apel siaga pengawasan Pilkada 2024. (Foto: Ist)
Tampak Bawaslu Kabupaten Mamberamo Tengah menggelar apel siaga pengawasan Pilkada 2024. (Foto: Ist)

JAYAPURA, Seputarpapua.com | Bawaslu Mamberamo Tengah (Mamteng) menggelar apel siaga pengawasan Pilkada 2024 di ibukota Kobakma pada Selasa, 8 Oktober 2024. Apel ini sebagai persiapan mengawal tahapan Pilkada yang sementara berlangsung.

Apel siaga yang berlangsung di halaman Kantor Bawaslu Mamberamo Tengah ini, diikuti puluhan staf dan komisioner Bawaslu, Panwas Distrik, Gakkumdu serta Forkopimda Mamberamo Tengah.

Dalam arahannya, Komisioner Bawaslu Mamberamo Tengah, Yerminus Mabel meminta agar semua ASN dan kepala desa se-Kabupaten Mamberamo Tengah wajib menjaga netralitas dan dilarang menjadi pengurus partai politik untuk mengindari konflik antara pendukung calon bupati dan wakil bupati.

“Yang kita harapkan adalah netralitas ASN ditegakkan, tidak boleh ada keterlibatan ASN sebagai pendukung maupun tim kampanye salah satu calon kepala daerah. ASN harus patuh dengan Undang-undang yang berlaku,” katanya dalam rilis yang diterima, Rabu (09/10/2024).

“Begitu juga kepala desa/kampung, kami minta tidak menjadi tim sukses pasangan calon dan harus netral, sehingga kondisi keamanan di kampung itu bisa terjaga dengan baik,” pintanya.

Selain itu, seluruh masyarakat Mamberamo Tengah diharapkan ikut menjaga situasi kamtibmas dan tidak mudah terprovokasi dengan isu-isu yang tidak benar.

“Kepada seluruh masyarakat Mamberamo Tengah, mari kita kawal pelaksanaan Pilkada serta mengawal penyelenggara dari TPS sampai tingkat kabupaten sehingga Pilkada ini berlangsung aman, damai sesuai dengan hati nurani masyarakat,” harapnya.

“Begitu juga kepada pendukung calon jangan terprovokasi dengan isu atau berita hoaks yang dapat mengganggu stabilitas keamanan di Kabupaten Mamberamo Tengah ini,” tandasnya.

editor : Saldi Hermanto

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan