ASN Diingatkan Jaga Netralitas

ASN Pemkab Mimika korpri
ASN Pemkab Mimika dalam peringatan HUT ke-52 Korpri di Kabupaten Mimika. (Foto: Fachruddin Aji/Seputarpapua)

TIMIKA | Aparatur Sipil Negara (ASN) dan seluruh jajaran Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) diminta menjaga netralitas dalam Pemilu 2024.

Hal itu disampaikan Ketua Umum Dewan Pengurus Korpri, Zudan Arif Fakrulloh dalam sambutannya yang dibacakan Bupati Mimika Eltinus Omaleng pada Upacara Hari Korpri ke-52 di Lapangan Kantor Pusat Pemerintahan Kabupaten Mimika, Rabu (29/11/2023).

Zudan mengungkapkan, ada bagian yang menarik dalam sejarah kehidupan Korpri ketika disandingkan dengan pemilu presiden dan pilkada. Dua ajang besar ini selalu dikaitkan dengan netralitas ASN dan netralitas Korpri.

“Ini (pemilu) merupakan proses demokratisasi terbesar di dunia yang harus kita sukseskan bersama. Saya percaya bahwa Korpri sebagai organisasi yang sudah berkali-kali menghadapi pilpres dan pilkada sudah sangat paham dan terlatih untuk tetap berada dalam posisi netral dan tegak lurus dengan Negara, Pancasila dan UUD 1945,” tegasnya.

Zudan menekankan, Korpri memiliki peran penting dan strategis dalam membangun bangsa Indonesia, karena merupakan salah satu wadah perekat dan pemersatu bangsa.

“Melalui Korpri, mari kita senantiasa berperan dengan meningkatkan kinerja, berkolaborasi dan bersinergi, serta
menumbuhkan energi positif dalam setiap pelaksanaan tugas, kewajiban dan tanggung jawab yang diamanahkan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku,” tuturnya.

Zudan pun kembali menekankan tentang netralitas yang dimaksud, karena orientasi Korpri tetap tidak berubah, yaitu untuk menjaga persatuan dan kesatuan serta menjaga keutuhan NKRI.

“Saya minta kepada seluruh Pengurus Korpri dimana pun berada untuk terus menjaga anggotanya,” tutupnya.

penulis : Fachruddin Aji

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *