Egianus Kogoya Semakin Brutal, Tembak Pesawat hingga Kios di Bandara Kenyam

Pesawat yang ditembaki KKB di Bandara Kenyam, Nduga, Selasa (7/6/2022). (Foto: Ist)
Pesawat yang ditembaki KKB di Bandara Kenyam, Nduga, Selasa (7/6/2022). (Foto: Ist)

TIMIKA | Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Kabupaten Nduga, Papua, kembali melakukan aksi teror secara brutal dengan menembak pesawat, kendaraan, hingga kios milik warga di sekitaran Bandara Kenyam, Selasa (7/6/2022).

Markas Pusat Komnas Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) sayap militer Organisasi Papua Merdeka (OPM), mengklaim aksi itu dilancarkan pasukan TPNPB dibawah pimpinan Egianus Kogoya.

“Dalam laporannya Bridgen Egianus Kogeya mengatakan bahwa, mereka telah kibarkan Bendera Bintang Fajar di lapangan terbang Keneyam dan juga mereka berhasil tembak pesawat Civil dan helicopter milik TNI,” demikian klaim TPNPB yang disampaikan melalui siaran pers oleh juru bicaranya, Sebby Sambom.

Dari informasi yang dihimpun Seputarpapua.com, aksi gangguan keamanan tersebut dilakukan pasukan Kodap lll Ndugama berupa teror penembakan terhadap aktivitas penerbangan hingga area sekitar Bandara Kenyam.

Aksi itu mengakibatkan 1 unit pesawat Sam Air PK-SMG dan 1 unit truk milik PT Intan Angkasa mengalami kerusakan.

Bahkan Pilot dan Co Pilot pesawat Sam Air mengalami luka-luka akibat terjatuh ke dalam parit saat berupaya menyelamatkan diri.

Sekitar pukul 10.40 WIT, pesawat Sam Air dengan dipiloti Captain Farhan, melakukan landing (mendarat) di Bandara Kenyam.

Saat penumpang turun dari pesawat, muncul dua anggota KKB Kodap lll Ndugama tanpa membawa senjata api dari arah makam Bandara Kenyam.

Selanjutnya muncul lagi sekitar 18 anggota KKB dari dua arah, yakni jalan setapak menuju Kali Kenyam dan perumahan sekitar runway Bandara Kenyam membawa 5 pucuk senjata api laras panjang jenis campuran, salah satunya SO Minimi serta satu Bendera Bintang Kejora.

Salah satu anggota KKB membuka tembakan menggunakan senjata api jenis SO Minimi ke arah badan pesawat Sam Air.

Setelah itu anggota KKB lainnya yang juga membawa senjata api laras panjang menembak ke arah truk milik PT Intan Angkasa dan bagian depan kios-kios sekitar Bandara Kenyam.

Mereka kemudian berjalan ke pertigaan jalan Pasar Bandara Kenyam dengan mengeluarkan tembakan ke arah atas.

Saat aksi itu dilakukan, terdapat salah satu anggota KKB mengibarkan Bendera Bintang Kejora menggunakan tangan.

Tidak lama kemudian, sekitar 20 anggota KKB tersebut berlari ke arah seberang Kali Kenyam atau Kampung Aluguru.

Ketika aksi gangguan keamanan itu terjadi, pilot dan co-pilot pesawat Sam Air berusaha menyelamatkan diri berlari dan sembunyi ke dalam parit sekitar Bandara Kenyam.

Selanjutnya sekitar pukul 10.42 WIT, ada sekitar 2 SST aparat keamanan gabungan dari Satgas Damai Cartenz dan Satgas Kodim Yonif PR 431/SSP melakukan pengejaran dari pos masing-masing ke Bandara Kenyam, mereka menggunakan 2 unit kendaraan taktis Brimob dan 1 unit truk milik Satgas Kodim Yonif PR 431/SSP.

Lantaran pasukan KKB telah melarikan diri, pasukan TNI-Polri yang tadinya mengejar kembali ke area bandara untuk melakukan pengamanan.

Akibat dari aksi brutal KKB ini, pilot M. Farhan Fachiri mengalami luka lecet pada kaki serta lebam pada bagian tangan. Sedangkan co-pilot Reza Ariestha Rahainaga mengalami luka lecet pada bagian jari dan tangan.

Pesawat Sam Air PK-SMG sendiri mengalami kerusakan bocor pada tangki avtur, kaca depan co-pilot pecah, depan baling-baling pesawat pecah, mesin pesawat berlubang dan ban depan pesawat juga pecah.

Sedangkan truk milik PT Intan Angkasa nomor polisi PA 8006 HK mengalami pecah kaca depan dan samping kanan.

Kemudian kios milik saudara Haris dan saudari Dina, pada pintu depan kios berlubang akibat tembakan.

Saat ini dikabarkan Bandara Kenyam ditutup sementara, aparat keamanan setempat melakukan siaga 1 mengantisipasi adanya aksi serupa.

Kapolres Nduga, AKBP I Komang Budhiarta yang dikonfirmasi via telepon membenarkan aksi gangguan keamanan tersebut.

Ia mengatakan, aksi itu terjadi setelah pesawat yang ditumpangi Bupati Nduga take off kemudian pesawat dengan rute dari Jayapura-Wamena landing di Bandara Kenyam.

“Ada pesawat masuk. Itu landing, ditembakkin,” katanya.

Beruntung saja tidak ada korban dalam aksi brutal yang dilakukan KKB. Pilot dan co-pilot pesawat Sam Air dievakuasi ke Jayapura.

reporter : Saldi
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.