Hari Otsus Papua, Ini Penegasan Pj Gubernur Papua Tengah

Pj. Gubernur Papua Tengah, Ribka Haluk (Foto: Kristin Rejang/Seputarpapua)
Pj. Gubernur Papua Tengah, Ribka Haluk (Foto: Kristin Rejang/Seputarpapua)

TIMIKA | Bertepatan dengan hari otsus Papua, Senin (21/11/2022), Pj. Gubernur Papua Tengah, Ribka Haluk menyampaikan beberapa penegasan terkait dengan implementasi Otsus selama lebih dari 20 tahun di Papua.

Menurut Ribka, dampak Otsus di Papua sudah di rasakan. Tidak ada program otsus gagal, namun menuju pada perbaikan. Banyak program otsus yang sudah berhasil.

“Jadi kita harus akui itu, dibidang pendidikan, kesehatan, pemberdayaab ekonomi masyarakat mungkin yang kurang-kurang tetap kita akan perbaiki kedepan tetapi tidak gagal ya. Ada yang berhasil,” kata Ribka ketika diwawancarai di Timik, Senin (21/11/2022).

Dijelaskan dalam mengelola otsus untuk Provinsi Papua Tengah ada regulasi yang menjadi acuan.

“Kan ada regulasinya nanti kita lihat. Sementara kan sudah disiapkan regulasinya. Semua ada porsinya, nanti ada untuk Provinsi, dan Kabupaten juga,” ucapnya.

Ribka menegaskan untuk penyaluran otsus ke Kabupaten tentu harus mengacu pada undang-undang otsus.

“Kan harus mengacu kesitu untuk empat hal tadi, pendidikan Kesehatan pemberdayaan ekonomi rakyat, infrastruktur itu harus ada dalam koridor undang-undang. Tidak bisa diluar dari itu. Itu penegasan saya seperti itu,” pungkasnya.

Tanggapi Berita ini
reporter : Kristin Rejang
editor : Felix

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.