Ketua MUI Mimika: Waktu Sahur yang Baik Jelang Adzan Subuh

Ketua MUI Kabupaten Mimika, Ustaz Muhammad Amin saat menyampaikan tausiyah Safari Ramadan Pemkab Mimika di Masjid Jabal Rahmah Poumako, Mimika, Papua Tengah pada Sabtu, 16 Maret 2024. (Foto: Fachruddin Aji/Seputarpapua)
Ketua MUI Kabupaten Mimika, Ustaz Muhammad Amin saat menyampaikan tausiyah Safari Ramadan Pemkab Mimika di Masjid Jabal Rahmah Poumako, Mimika, Papua Tengah pada Sabtu, 16 Maret 2024. (Foto: Fachruddin Aji/Seputarpapua)

TIMIKA | Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Mimika, Ustaz H. Muhammad Amin Ar SAg mengungkapkan, sahur yang baik bagi umat muslim saat bulan Ramadan adalah menjelang adzan subuh berkumandang.

Ustaz Amin mengatakan hal itu merupakan sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW.

“Nabi SAW bersabda, perlambat makan sahurmu, percepat berbukamu,” kata Amin saat menyampaikan tausiyah dalam kegiatan Safari Ramadan yang digelar Pemkab Mimika di Masjid Jabal Rahmah Poumako pada Sabtu, 16 Maret 2024.

Berdasarkan apa yang disampaikan Rasulullah SAW, maka, waktu sahur yang bagus adalah diwaktu menjelang subuh.

“Makan sahur yang bagus itu jam 4 (pagi) lewat, kalau makan sahur pas jam 3, loyo kita,” ujarnya.

Ustaz Amin menegaskan bahkan waktu terbaik untuk melaksanakan sahur adalah menjelang adzan subuh berkumandang.

“Imsak itu hanya ada di Indonesia, di Saudi Arabi, di Mesir, tidak ada waktu imsak. Imsak artinya 10 menit jelang subuh, ibaratnya imsak itu lampu kuning buat yang melaksanakan sahur,” jelasnya.

Selain soal sahur, Ustaz Amin juga mengingatkan umat muslim di Mimika untuk menyegerakan berbuka puasa dan berbuka dengan makanan atau minuman yang manis-manis sesuai anjuran Rasulullah SAW.

“(Berbuka) diawali dengan dua sampai tiga teguk air, kemudian kita makan yang manis-manis. Bagusnya berbuka dengan kurma kering atau basah,” tutupnya.

penulis : Fachruddin Aji
editor : Saldi Hermanto

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *