KPU Papua Tengah Klaim Pemilu di Mimika Berjalan Baik

Indra Ebang Ola (kedua dari kiri) foto bersama Komisioner KPU Mimika dan PPD Mimika Baru di Gedung Eme Neme Yauware. (Foto: Mujiono/Seputarpapua)
Indra Ebang Ola (kedua dari kiri) foto bersama Komisioner KPU Mimika dan PPD Mimika Baru di Gedung Eme Neme Yauware. (Foto: Mujiono/Seputarpapua)

TIMIKA | Koordinator Wilayah Mimika sekaligus Koordinator Divisi Teknis Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua Tengah, Indra Ebang Ola mengaku pelaksanaan Pemilu 2024 pada Rabu 14 Februari di Kabupaten Mimika berjalan dengan baik, aman, dan lancar.

Indra mengaku, proses pemungutan suara hinga penghitungan suara di tiap TPS berjalan lancar, meski ada kendala.

“Alhamdulilah, pemungutan suara dan penghitung suara Pemilu tingkat TPS berjalan lancar. Walaupun, ada kendala, tapi secara keseluruhan semua kebutuhan logistik untuk pungut hitung berjalan baik,” kata Indra saat ditemui wartawan di Gedung Eme Neme Yauware, Kamis (15/2/2024).

Advertisements

Kesuksesan Pemilu di Mimika, kata Indra tidak terlepas dari partisipasi masyarakat dalam memberikan hak pilihnya, dan penyelenggara di TPS. Termasuk dengan pemerintah daerah, Polri dan TNI yang senantiasa memberikan dukungan.

“KPU Mimika dan KPU Papua Tengah menyampikan banyak terima kasih pada seluruh pihak yang sudah mendukung terselenggaranya Pemilu dengan baik dan lancar,” tuturnya.

Menurut Indra, jika ada ketidakpuasan terhadap proses pemungutan suara dan penghitungan suara, tentunya ada mekanisme dan aturan yang berlaku, mulai dari Undang-undang nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu, Peraturan KPU, dan Peraturan Bawaslu.

Untuk itu, Oapabila ada ketidakpuasan atau dinilai ada pelanggaran bisa dilaporkan ke Bawaslu dan Gakkumdu. Karena itu adalah sarana bagi para pihak yang merasa kurang puas. Tentunya harus disertakan dengan bukti-bukti yang kuat.

“Semua ada mekanismenya kalau ada pelanggaran. Dan saat ini KPU tengah menyiapkan diri untuk melakukan proses pleno rekapitulasi ditingkat distrik,” pungkas Indra.

penulis : Mujiono
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *