KPU RI Resmi Tetapkan Tiga Calon Capres – Cawapres Pemilu 2024

Tangkap Layar Akun YouTube KPU RI penetapan Capres-Cawapres Pemilu 2024.
Capture YouTube KPU RI penetapan Capres-Cawapres Pemilu 2024

TIMIKA | Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia telah resmi menetapkan 3 pasangan Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) yang akan bertarung dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Berdasarkan konferensi pers resmi yang disiarkan secara langsung di akun YouTube KPU RI pada Senin (13/11/2023), ketiga pasangan calon (paslon) tersebut yakni Ganjar Pranowo – Mahfud MD, Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar, dan Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming.

Anggota KPU RI juga selaku Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu Idham Kholik dalam pernyataannya mengungkapkan, berdasarkan berita acara hasil verifikasi administrasi nomor 1587/pl.01.4-ba/05/2023 dokumen persyaratan bakal Capres atas nama Anies Baswedan, dan Cawapres atas nama Muhaimin Iskandar dinyatakan memenuhi syarat.

Selanjutnya, berdasarkan berita acara yang sama nomor 1588/pl.01.4-ba/05/2023 paslon bakal Capres atasnama Ganjar Pranowo dan Cawapres Mahfud MD dinyatakan memenuhi syarat.

Kemudian berdasarkan berita acara nomor 1589/pl.01.4-ba/05/2023 paslon bakal Capres atasnama Prabowo Subianto dan cawapres Gibran Rakabuming Raka juga dinyatakan memenuhi syarat.

Ketua KPU RI Hasyim Ashari mengatakan, penetapan ketiga Paslon tersebut berdasarkan rapat pleno tertutup yang dilakukan KPU RI sebagaimana ditentukan dalam UU Pemilu Nomor 7 Tahun 2017.

“Tanggal 14 November 2023, pengundian nomor urut bagi Paslon Capres dan Cawapres peserta Pemilu 2024,” pungkas Hasyim.

penulis : Fachruddin Aji
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan