“Nimao”, Karya Migandri Kapiyau Juara Lomba Film Pendek Disparbudpora Mimika

Foto bersama para pemenang dan tim juri serta pihak Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Mimika. (Foto: Disparbudpora)
Foto bersama para pemenang dan tim juri serta pihak Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Mimika. (Foto: Disparbudpora)

TIMIKA | Film karya Migandri Nisthan Kapiyau berjudul Nimao sebagai yang terbaik pada lomba film pendek kategori pemuda.

Lomba film pendek yang digelar Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Mimika mengusung tema destinasi wisata, cerita dan kebudayaan serta potensi olahraga di Mimika.

Pemenang lomba dari juara 1 hingga harapan 3 telah menerima piala, piagam dan hadiah uang tunai di Hotel Horison Ultima pada Sabtu, 16 Desember 2023.

Migandri dalam filmnya mengangkat persoalan bahasa Kamoro yang makin ditinggalkan anak muda.

Dalam film ini, Dominggus sebagai tokoh utama anak Kamoro gelisah ketika disapa dengan bahasa Kamoro yang tidak dimengertinya.

Kegelisahannya itu, sampai terbawa mimpi. Hingga ia pun bertanya kepada kedua orang tuanya yang seorang guru bahasa Inggris dan bahasa Jerman. Namun, kedua orang tuanya itu juga tidak mengerti arti dari bahasa Kamoro.

Tak kenal menyerah, Dominggus kemudian ditemani rekannya ke pesisir Mimika. Bertanya ke warga dan mencatat setiap kata perkata. Dari catatannya, ia jadikan kamus bahasa Kamoro.

Dalam lomba film ini, sebagai juara kedua adalah Vincensius Sudarto. Dalam film ini mengangkat anak muda yang traveling ke beberapa lokasi wisata di Mimika.

Juara ketiga Christian Lengitubun dengan mengangkat cerita prosesi pesta adat Karapao Suku Kamoro.

Dalam lomba film pendek ini sebagai Ketua Dewan Juri, Alberthin Timang didampingi Juri 1 Irsul Panca Aditra dan Juri 2 Burhanuddin.

Alberthin menjelaskan beberapa kriteria dalam penilaian antara lain originalitas karya, kesesuaian dengan tema, kejelasan pesan, teknik pengambilan gambar estetika dan teknik editing.

penulis : Aditra
editor : Saldi Hermanto

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *