Pemilu 2024, Ketua LMA Jayawijaya Ajak Masyarakat Jaga Kamtibmas

Ketua LMA Jayawijaya Herman Doga
Ketua LMA Jayawijaya Herman Doga

WAMENA | Ketua Lembaga Masyarakat Adat (LMA) Kabupaten Jayawijaya Herman Doga mengajak semua masyarakat untuk menjaga kamtibmas pada Pemilu 2024, Rabu 14 Februari.

Herman menyerukan kepada masyarakat di Papua Pegunungan khususnya di Jayawijaya, untuk bersama – sama menjaga jalannya pesta demokrasi dengan baik dan aman.

Untuk pemilihan calon legislatif provinsi dan kabupaten diharapkan Orang Asli Papua (OAP) atau anak daerah menempati kuota 70 persen, dan 30 persen untuk non OAP.

“Mengingat ini adalah daerah Otonomi Khsus jadi saya menghimbau kepada hak pemilih khususnya OAP bahwa kursi yang diperbutkan di legislatif baik provinsi dan kabupaten, itu adalah miliki anak daerah, sisanya 30 persen baru non OAP atau Labewa,” kata Herman, Selasa (13/2/2024).

Sebagai salah satu komando adat di tingkat kabupaten, Herman meminta agar masyarakat adat di daerah itu dapat mendengarkan arahan dari LMA kabupaten.

Masyarakat adat diharapkan dapat menjaga keamanan pada jalannya Pemilu, Rabu 14 Februari.

“Seluruh warga masyarakat adat itu harus dengar komando, dan saya salah satu komado adat, saya harus tegas bahwa masyarakat adat harus bisa memilih masyarakat asli,” kata Herman.

“Saya harus tegas soal ini kepada masyarakat demi menjaga keamanan di daerah ini. Otonomi khusus ini harus untuk orang asli buan orang dari luar,” tambahnya.

Herman berharap, seluruh pemangku kepentingan adat di daerah itu, dapat menjaga jalannya pesta demokrasi di TPS pada wilayah masing – masing.

“Saya berharap ketua – ketua LMA, kepala – kepala suku penguasa, dan masyarakat adat, untuk bisa menjaga kemanan di wilayah masing – masing khususnya di TPS – TPS,” harapnya.

penulis : Amin Momiage
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *