Pemilu 2024, Petugas KPPS di Mimika Mulai Ikut Bimtek

Pemilu 2024, Petugas KPPS di Mimika Mulai Ikut Bimtek
Petugas KPPS mengikuti Bimtek di Hotel Horison Diana, Senin (29/1/2024). (Foto: Anya Fatma/Seputarpapua)

TIMIKA | Petugas Kelompok Penyeleggara Pemungutan Suara (KPPS) di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah, mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) untuk Pemilu 2024 yang diadakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mimika di Hotel Horison Diana, Senin (29/1/2024).

Komisioner KPU Mimika Divisi SDM dan Sosialisasi Partisipasi Masyarakat, Fidelis Piligame, mengatakan Bimtek yang dilakukan ini dalam 2 sesi.

Sesi pertama petugas KPPS diberikan materi peraturan tentang tugas dan wewenang KPPS pada hari pemilihan.

Sedangkan disesi kedua, mereka langsung melakukan praktek pengisian berita acara perhitungan suara, pengisian form penghitungan suara atau perekapan.

Dalam sehari diikuti 540 orang disesuaikan dengan kapasitas ruangan yang digunakan.

“Jadi terima materi dulu baru praktek, supaya mereka bisa paham apa yang jadi tugas mereka pada saat nanti pencoblosan,” kata Fidelis saat diwawancara di sela-sela Bimtek.

Bimtek yang telah dilakukan selama tiga hari ini, juga memberikan pelatihan kepada petugas KPPS untuk nanti mengarahkan peserta atau pemilih untuk datang dan melakukan pencoblosan.

Fidelis mengatakan, pelatihan ini diberikan dalam beberapa kelas karena jumlah petugas KPPS 6.000 lebih, sehingga dibagi satu kelas diikuti 270 orang.

“Minimal 270 agar mereka menyerap materi itu lebih mudah memahami,” katanya.

Pemilihan tahun 2024 ini berbeda dengan pemilihan sebelumnya di tahun 2019. Di tahun ini ada form yang setelah diisi harus difoto dan dan dimasukkan ke aplikasi Sirekap.

“Dari aplikasi itu nanti langsung diterima di PPS, PPD, KPU kabupaten, KPU provinsi dan KPU RI. Jadi langsung sampai ke pusat hari itu juga,” katanya.

6.000 lebih petugas KPPS ini tersebar di 152 kelurahan dan kampung, dengan masing-masing TPS ada minimal 7 petugas KPPS.

penulis : Anya Fatma
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *