Pemuda Timika ini Gunakan Dana Pribadi Perbaiki Jalan Lingkungan

Pemuda Timika ini Gunakan Dana Pribadi Perbaiki Jalan Lingkungan
Jalan Cenderawasih, SP 2, Jalur 4, Timika, Papua Tengah, yang diperbaiki Darwin Rombe. (Foto: Ist)

TIMIKA | Jalan Cenderawasih, SP 2, Jalur 4, Timika, Papua Tengah, kini sudah tidak dikeluhkan lagi oleh warga sekitar maupun pengguna jalan lingkungan tersebut.

Jalan itu dulunya diakui warga sering digenangi air dan becek bila turun hujan, sehingga jalan semakin rusak.

Seperti diungkapkan Johan Sius Mansbawar. Pria 43 tahun ini mengakui bahkan jika turun hujan ban kendaraan roda 4 bisa tetatam.

“Bila hujan jalan agak lumpur dan becek. Mobil bisa lalui, tapi kalau hujan kandang tetanam,” kata Johan yang berprofesi sebagai penarik jasa ojek ini.

Namun beberapa bulan ini jalan tersebut sudah sangat layak dilalui karena telah diperbaiki. Kata Johan, yang memperbaiki jalan itu adalah seorang pengusaha muda bernama Darwin Kurnia Rombe.

“Kami berterima kasih karena jalan kami sudah diperbaiki,” ujar Johan.

Senada dengan Johan. Warga lainnya Klemens E.K Wangu mengapresiasi langkah Darwin yang telah memperbaiki jalan tersebut, sebab jalan itu dulunya sering digenangi air bila turun hujan.

Klemenspun berharap kedepan dapat dibuatkan drainase pada perumahan warga, karena bila turun hujan sebagian halaman rumah warga digenangi air karena tidak adanya drainase.

“Jalannya sekarang sudah tidak becek dan ada genanagan air. Hanya di halaman perumahan karena belum ada parit (drainase-red),” ujar pria 59 tahun yang berprofesi sebagai karyawan swasta ini.

Banyak pun bertanya, mengapa Darwin rela mengeluarkan dana pribadinya untuk memperbaiki jalan lingkungan itu.

Saat ditemui, Darwin mengaku dirinya merupakan bagian dari masyarakat SP 2.

Darwin bisa dikata orang Timika, karena ia pun lahir dan besar di Timika 23 tahun lalu. Bahkan menempuh pendidikan dari SD hingga SMA di Timika.

Meski usianya masih tergolong muda dan dari kalangan Generasi Z (Gen Z), namun ia telah menjadi pengusaha.

Ia memperbaiki jalan itu karena adanya aspirasi dari warga yang merindukan memiliki jalan lingkungan yang layak.

“Saya bagian dari masyarakat SP 2 sehingga saya perlu memperbaiki jalan itu. Dan ini semua menggunakan dana pribadi. Saya lakukan ini untuk kepentingan masyarakat,” kata Darwin pekan lalu.

Darwin berharap komunikasi warga dengan dirinya dapat terus terjalin. Apa yang menjadi aspirasi warga, ia akan berupaya semaksimal untuk memenuhi.

Darwin sebagai Gen Z kini pun telah turun ke dunia politik. Darwin berasal dari Partai Perindo, dan maju sebagai Calon Anggota Legistif (Caleg) DPRD Kabupaten Mimika.

Darwin berada pada nomor urut 1 dengan Daerah Pemilihan (Dapil) 1 yang meliputi Kelurahan Kwamki, Kelurahan Timika Jaya, Kelurahan Wanagon, Kelurahan Ninabua dan Kelurahan Hangaitji. (Adv)

penulis : Aditra
editor : Iba

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *