Percasi Mimika Pertandingkan Catur Kelas Junior dan Senior

Percasi Mimika Pertandingkan Catur Kelas Junior dan Senior
Pecatur Junior saat melakukan pertandingan yang digelar di salah satu gedung serbaguna hotel yang berada di jalan Cenderawasih, Mimika, Kamis (30/11/2023). (Foto: Fachruddin Aji/seputarpapua)

TIMIKA | Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Pengurus Kabupaten (Pengkab) Mimika menggelar pertandingan catur kelas junior dan senior memeriahkan Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) Mimika I.

Pertandingan digelar di gedung serbaguna salah satu hotel di Jalan Cenderawasih Mimika, mulai 30 November hingga 3 Desember 2023.

Ketua Panitia Turnamen Catur Sepriadi Bumbungan dalam pembukaan yang digelar pada Kamis (30/11/2023) mengatakan, turnamen diikuti 116 peserta kategori putra dan putri, dengan tiga kelas pertandingan yakni klasik, cepat dan kilat. Turnamen catur dipimpin tiga wasit tingkat nasional maupun provinsi.

Ketua Percasi Pengkab Mimika Junaldi Samuel dikesempatan yang sama mengatakan turnamen catur digelar untuk mencari bakat baru pecatur muda di Mimika Selain itu juga mencari atlet catur berbakat lain untuk menemani atlet Papua Tengah saat ini master nasional Muhammad Affan Al-Amin.

“Untuk kelas junior ini digelar kembali setelah 5 tahun lalu, tahun lalu juga kami menggelar turnamen yang sama tetapi tanpa kelas junior,” katanya.

Junaldi mengucapkan terima kasih kepada KONI Mimika yang telah mengadakan PORKAB Mimika I sehingga Percasi bisa kembali menggelar turnamen catur.

“Mengutip kata-kata Pak Simon Kasamol selaku Sekum KONI ini (Porkab dan Turnamen Catur) adalah kesempatan bagi Mimika untuk menunjukan kepada dunia jika (Mimika,red) punya potensi besar dalam olahraga,” tegasnya.

Junaldi menambahkan dalam turnamen catur ini dilakukan juga sistem notasi catur atau penulisan langkah yang dilakukan dalam sebuah pertandingan.

“Ada yang bertanya kepada saya kenapa sistim notasi ini dilakukan pada hari H pertandingan, karena kami ingin atlet terbiasa dengan hal ini dan nantinya bisa mudah saat mengikuti turnamen catur tingkat nasional maupun dunia,” terangnya.

Terkait dengan notasi itu Junaldi mengatakan Percasi Pengkab Mimika kedepan akan melakukan pelatihan.

Sementara itu, Sekretaris Umum KONI Mimika Simon Kasamol yang hadir dalam pembukaan turnamen mengatakan, tahun ini adalah ajang Porkab yang pertama kali digelar di Mimika, sebagai ajang menunjukan minat dan bakat pemuda di Mimika.

“Beberapa tahun belakangan ini saya melihat ada banyak minat dan bakat atlet dari berbagai cabang olahraga, tetapi mereka tidak tahu mau mengekspresikannya dimana karena informasi soal itu tertutup sekali,” terangnya.

Alasan tersebut membuat Simon menggelar Porkab Mimika yang saat ini terselenggara.

“Porkab ini kata Bupati sebagai Ketua Umum KONI adalah ajang untuk menunjukan bakat atlet muda, dan harapanya dari Porkab ini nantinya lahir atlet yang bisa bersaing di kancah nasional dan Dunia,” tutupnya.

penulis : Fachruddin Aji

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *