Percasi Mimika dalam Pencarian Atlet Baru

Percasi Mimika dalam Pencarian Atlet Baru
Panitia, Wasit bersama dengan para pemenang catur kategori senior dan junior Turnamen Catur Percasi Porkab Mimika I. (Foto: Fachruddin Aji/seputarpapua)

TIMIKA | Persatuan Catur Indonesia (Percasi) Pengurus Cabang (Pengcab) Mimika, Papua Tengah, menutup Turnamen Catur kategori junior dan senior, Minggu (3/12/2023)

Turnamen Catur dalam rangka Pekan Olahraga Kabupaten Mimika (Porkab) I 2023 dilaksanakan mulai tanggal 30 November di salah satu hotel Jalan Cenderawasih.

Turnamen Catur ini diikuti 116 atlet muda dan dewasa serta mempertandingkan tiga kelas yakni klasik, cepat dan kilat, dihadiri pula 3 wasit dari tingkat nasional dan provinsi.

Ketua Panitia Turnamen Catur Percasi Sepriadi Bumbungan mengucapkan terima kasih pada peserta yang telah mengikuti semua kelas, sebab banyak pecatur junior dan senior yang mengikuti tiga kelas sekaligus. Selain itu juga kepada KONI Mimika.

“Turnamen ini kan didukung KONI, jangan sampai setelah ini malah kendur jadi kita mungkin akan bentuk komunitas catur, supaya animo pecatur junior di Mimika terus terjaga,” tuturnya saat ditemui dalam acara penutupan pada Minggu malam.

Sepriadi melanjutkan, untuk para pecatur junior terus berlatih agar bakat dan kemampuan terus meningkat.

“Siapa tahu kedepan bisa jadi atlet lokal, nasional, maupun internasional,” ujarnya.

Sepriadi juga mengapresiasi kegiatan Porkab Mimika yang menurutnya sangat bermanfaat untuk perkembangan atlet muda di berbagai cabang olahraga yang sebelumnya tidak terlihat.

Sementara itu, Sekretaris Percasi Pengkab Mimika Yan Mansawan yang dalam kegiatan penutupan mewakili KONI Mimika mengungkapkan Turnamen Catur ini yang terpenting adalah mencari atlet baru dan bibit muda baru atlet catur di Mimika.

“Tahun lalu kita adakan turnamen Affan (Atlet Catur peraih Master Nasional pertama di Mimika) itu menjadi juara kedua saat itu masih muda akhirnya kita latih bawa kejurnas bisa raih gelar master nasional,” jelasnya.

Yan berharap kedepan turnamen yang digelar bisa melahirkan atlet catur baru untuk dilatih mejadi master nasional, atau hingga menjadi grand master dari Mimika.

Adapun peraih juara dalam turnamen tersebut:

Senior KLASIK :
1. Affan
2. Nurdiansyah
3. Iriannto

Senior CEPAT :
1. Affan
2. Jerly
3. Suhardi s

SENIOR KILAT
1. Affan
2. Jerly
3. Sulaeman L

JUNIOR KLASIK:
1. Adelard Jibril
2. Asdar
3. Immanuel Fabian

JUNIOR CEPAT :
1. Asdar
2. Immanuel Fabian
3. Adelard Jibril

JUNIOR KILAT
1. Christian
2. Asdar
3. Chandra (perempuan)

penulis : Fachruddin Aji

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *