Pilkada Mimika 2024: PDIP Usung Johannes Rettob

Ketua DPC PDIP Mimika, Yohanes Felix Helyanan. (Foto: Mujiono/Seputarpapua)
Ketua DPC PDIP Mimika, Yohanes Felix Helyanan. (Foto: Mujiono/Seputarpapua)

TIMIKA, Seputarpapua.com | Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (DPC PDIP) Mimika mengusung Johannes Retton sebagai calon tunggal berkompetisi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Mimika tahun 2024.

Ketua DPC PDIP Mimika, Yohanes Felix Helyanan mengatakan, karena mengusung Johannes Rettob sebagai calon tunggal, maka pihaknya tidak membuka pendaftaran untuk bakal calon bupati. PDIP hanya membuka pendaftaran untuk bakal calon wakil bupati.

“PDIP tidak membuka pendaftaran calon bupati ini karena kami sudah punya kader. Tapi kalau belum ada, maka biasanya partai itu membuka pendaftaran,” kata Yohanes Felix Helyanan di Kantor DPRD Mimika, Selasa (7/5/2024).

Meski demikian kata dia, sudah ada beberapa figur yang mendaftar di PDIP, yakni Maximus Tipagau, Stingal Jhon Beanal dan Emanuel Kemong.

Sementara terkait bakal calon wakil bupati, katanya tergantung dari kesepakatan nanti.

Kemudian menyangkut adanya opini bahwa calon kepala daerah di kabupaten harus Orang Asli Papua (OAP). Jhontie mengatakan, pihaknya masih menunggu keputusan secara resmi. Namun ia optimis Undang-Undang Otonomi Khusus yang mengatur kepala daerah di Papua tidak mungkin berubah.

penulis : Mujiono
editor : Iba

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan